BECAK YOGYAKARTA 2

Usai Menggenjot Lalu Tidur Terlelap

TUKANG becak juga manusia. Tukang becak bukanlah makhluk serupa malaikat yang tak pernah tidur. Tukang becak adalah sosok manusia, keturunan nabi Adam.

Layaknya Tupai yang pandai melompat-lompat di pohon dimungkinkan bisa jatuh juga, maka hal yang sama juga terjadi pada tukang becak Yogyakarta. 

Sebab tukang becak walau tampak kuat menggenjot, kekar badannya, pasti bisa lelah juga, dan akhirnya beristirahat dengan tidur terlelap, berharap badan kembali bugar. 

Tukang becak, bekerja sesuai selera dan sekemampuannya. Bila lelah telah datang, maka ritual tidur pulas adalah obat yang paling mujarab dalam menghilangkan pegal linu.

Seorang tukang becak tidur terlelap di becaknya (photo by budi susilo)

Itulah ritme kehidupan yang dijalani tukang becak di Kota Yogyakarta, yang terlihat oleh saya di pagi hari, tepatnya pada hari Minggu 1 Desember 2013 lalu. 

Adanya tuntutan hidup yang semakin kompleks membuat tukang becak harus tetap bergerak demi menyambung hidup bagi dirinya, dan tentunya untuk keluarganya. 

Supaya menikmati hidup yang dijalaninya, tukang becak mengambil jurus sakti. Jurus yang dimaksud adalah selalu pandai bersyukur, dan bijak dalam tindak-tanduk. 

Jika tidak demikian, kemungkinan enggan lagi menekuni kerja sebagai tukang becak. Merasa sungkan mencari nafkah di bidang penyediaan jasa kendaraan yang ramah lingkungan ini. ( )

Usai mengendarai becak seharian tukang becak tidur tuk melepas lelah (photo by budi susilo)

Seorang tukang becak tidur terlelap di becaknya (photo by budi susilo)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN