SUMBER-SUMBER KEKUATAN ISLAM

Sumber-sumber Kekuatan Islam

JUMLAH umat muslim sangat besar. Tapi jumlah yang besar ini tidak bernilai guna apabila dalam diri umat muslim sendiri telah menanggalkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Tak bernilai. Bagai buih di ombang-ambing ombak, dan tak punya pegangan,” kata Ustad Fauzi Bahrezi memberikan analoginya kepada jamaah sholat jumat dalam kutbahnya di Masjid Ulul Albaab, Jalan Kalibata Timur, Jumat (4/4/2014).

Kondisi jaman sekarang, kata Fauzi, umat Islam mengalami pelunturan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan. Akan tetapi jelasnya, jangan merasa putus asa. Jangan patah arang.

Bangkitlah dan menjadi umat yang bisa dibanggakan. “Persiapkan kekuatan kalian. Perkuat kuda-kuda. Selalu siap dan siaga. Jangan lemah,” urainya.

(sketsa by budi susilo)
Refleksikan diri, muslim yang baik adalah mereka yang kuat menghadapi kehidupan dan persiapan yang matang bagi bekal di akhirat. “Punya iman yang kuat. Sebagaimana perintah Allah dan seperti yang ada dalam sabda Rasul,” ujarnya.

Kekuatan umat Islam, tutur Fauzi, dalam ungkapan rasa kasih sayangnya. Umat Islam misinya harus menebarkan kasih sayang, menguatkan keimanan dan orientasi perbuatan hanya untuk Allah. “Segala hal semuanya kita kembalikan kepada Allah,” katanya.

Kekuatan berikutnya ada di akhlak. Bahwasanya, iman seseorang yang benar adalah aplikasi akhlak. Sikap akhlak yang baik akan menjadikan manusia itu sebagai pribadi yang sempurna. “Akhlak bekal kita, integritas seorang muslim,” kata Fauzi.

Seperti halnya Nabi Muhammad SAW diturunkan ke muka bumi untuk mengendalikan nafsu manusia agar tetap pada jalur yang benar. 

Nabi bersabda: ”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang sholeh”. Seperti apa yang di cantumkan dalam Hadis Riwayat Bukhari dalam shahih Bukhari kitab adab, Baihaqi dalam kitab syu’bil Iman dan Hakim.

Berikutnya adalah kekuatan Ilmu. Ada pepatah yang mengatakan, siapa yang menguasai ilmu maka itulah orang yang akan menguasai dunia. Ilmu itu penting bagi kaum muslim sebab selain untuk bekal dunia ternyata ilmu juga untuk bekal ke akhirat.

Syarat utama kehebatan seorang muslim adalah pada gemar membaca. Bahkan wahyu yang pertama kali diturunkan oleh Allah SWR adalah ayat Iqro, perintah kita untuk membaca.

Selain kegiatan membaca, juga harus melakukan kegiatan menulis. “Orang yang diangkat derajatnya adalah orang yang beriman dan berilmu,” ungkapnya.

Selanjutnya kekuatan harta benda. Kekayaan bagi kaum muslim merupakan titipan dari Allah. Harta ini digunakan bukan untuk kemaksiatan namun untuk sarana berbuat kemaslahatan. “Sebaik-baiknya harta itu ada di orang-orang yang saleh. Harta itu amanah,” tegasnya.

Sebagai contoh, di jaman Nabi Muhammad, para sahabat hidup bergelimang harta. Selain taat ibadah, ternyata kehidupan ekonominya juga kuat, tidak jatuh pada lubang kemiskinan yang kemudian berujung pada tindakan kemungkaran. 

Akan tetapi, harta yang mereka miliki diperuntukan bagi kebaikan semua makhluk, rahmat bagi semua. Harta yang mereka miliki dipergunakan untuk berbagai kegiatan, yang semata-mata hanya karena untuk Allah SWT.

Abu Bakar, Usman Bin Afan, mereka-mereka ini para saudagar kaya. Makanya ada yang mengatakan bahwa ada 10 orang yang dijamin masuk surga, di antaranya adalah orang-orang kaya,” ujarnya.

Berikutnya kekuatan umat muslim ada pada ukuwah (persatuan). Manakala terjadi perpecahan, satu sama lain saling menjatuhkan di kalangan musilm maka umat Islam akan lemah. “Mengkotak-kotak ke dalam aliran, memecah belah dalam bentuk organisasi,” kata Fauzi mencoba mencontohkan.

Nabi Muhammad pernah berkata, umat muslim itu ibarat bangunan. Satu sama lain harus saling menopang, saling membantu. Walau ada perbedaan pandangan jangan saling membelakangi dan membenci, namun harus saling sokong-menyokong. “Kalau kita tak bersatu, maka kita akan gagal,” tutur Fauzi.

Ya itulah, pesan kutbah jumat yang disampaikan Ustad Fauzi Bahrezi, semoga penjelasan dari beliau memberi kita semua inspirasi, dan wawasan pengetahuan yang sangat berharga bagi kita semua. Amin ya robal alamain. ( )



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN