KEMULIAAN RAMADHAN

Kemuliaan Ramadhan


MENDAHULUKAN rasa syukur adalah keutamaan bagi setiap umat muslim. Dahulukan rasa syukur daripada iman. Orang-orang yang beriman (percaya adanya Allah SWT) dapat masuk neraka apabila tidak pernah bersyukur. 

Di Al Quran surat al Baqarah ayat 172 menegaskan, "... dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar hanya kepada Allah saja kamu menyembah."
 
Itulah pesan yang ditekankan oleh Ustad Habib Bin Umar di momen sholat Jumat di Masjid Al Muhajirin, Jalan Taman Makam Pahlawan Kalibata 17, Jakarta Selatan, Jumat 27 Juni 2014 yang mengambil tema Kemuliaan Ramadhan. 


Menurutnya, bulan Ramadhan itu adalah bulannya umat Nabi Muhammad. Ketersediaan rahmatnya bulan Ramadhan, tidak terlepas dari aduan Nabi Muhammad kepada Allah SWT. 

Karena itulah, di bulan ini dianggap spesial, penuh keberkahan yang dapat menguntungkan umat manusia. Di antaranya ada malam lailatul qadar, yakni dimana malam yang mulia. Satu malam lailatur qadar itu sama dengan kebaikan di seribu bulan. 

(sketsa by budi susilo)
 
Berikutnya, ibadah yang dilakukan di bulan ramadhan akan mendapat pahala berlipat ganda. "Di bulan Ramadhan yang jalankan sholat subuh dan isya berjamaah akan mendapat kemuliaan, nilai pahalanya sama dengan ibadah Tahajud," ungkap Umar. 

Kemudian, tambahnya, mereka yang melaksanakan satu ibadah fardhu di bulan Ramadhan berarti sama saja menjalankan ibadah fardhu sebanyak 70 kali. "Yang satu kali khatam Quran dihitung 70 kali khatam quran," urainya. 

Begitu pun ketika mereka ada yang memberi hidangan untuk berbuka puasa maka orang yang memberikan ini akan mendapat pahala orang yang sedang berpuasa. 

"Siapa yang beri makan dan minum berbuka dapat pahala seperti mereka yang puasa," ujar Umar. 

Sebab itulah, nikmati segala pemberian dari Allah. Umat muslim harus pandai-pandai untuk bersyukur kepada Allah. Yaitu dalam bentuk ingat selalu kepada Allah dan selalu mengharap ridho kepada Allah setiap langkah perbuatan dan ucapan yang dilakukan. 

Apalagi umat manusia di jaman sekarang itu tidak berumur panjang bila dibandingkan dengan umat sebelum adanya nabi Muhammad. Umur orang-orang jaman sekarang rata-rata hanya mencapai umur 50 hingga 70 tahun. 

"Mari kita sering berdoa kepada Allah agar kita mendapat surga dan selalu dilindungi dari api neraka," katanya. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN