BERSEDEKAH MAKA AKAN BERKAH

Bersedekahlah Maka Akan Berkah


RAMADHAN menumbuhkan sikap takwa. Berpuasa di bulan ramadhan menunjukan eksistensi manusia yang beriman. Lewat berpuasa, dapat mengendalikan hawa nafsu. 

Wujud orang yang bertakwa tidak hanya sekedar menjalankan seremonial puasa, yang menahan nafsu makan dan minum saja, tetapi adalah implementasi bersedekah.

Mereka yang punya harta baik cukup atau lebih lalu berani untuk bersedekah berarti telah menunjukan sebagai orang yang bertakwa, memberi kebaikan dalam kehidupan karena Allah.

“Harta yang disedekahkan ini nanti akan membantu kita di akhirat, yang bisa menjamin kita masuk surga,” tegas Ustad Nur Ali dalam taushiyah sholat tarawih di Masjid At Taubah Kota Tangerang, pada Jumat 4 Juli 2014 malam.

Kata dia, ketika orang meninggal dunia, keluarga tercintanya tidak akan dibawa. Jabatan yang pernah diembannya tidak berlaku lagi. Status sosialnya pun tidak berpengaruh di alam akhirat nanti. 

Harta yang dimilikinya juga tidak dibawa. Yang dibawa ke akhirat adalah alam baik. Bersedekah termasuk bagian dari aksi berbuat amal kebaikan. “Ciri-ciri orang yang bertakwa adalah bersedekah,” tuturnya.

Mengutip dari Al Quran, Al Baqarah ayat 245 bahwasanya, “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah) Maka Allah akan menggandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah dikembalikan.”

Menurutnya, mereka yang bersedekah, melimpahkan hartanya untuk kebaikan maka hartanya tidak akan berkurang, tidak akan jatuh miskin. “Hartanya malah bertambah. Bisa hidup berkah,” ungkap Ustad Nur.

Karena itu, puasa ramadhan ini, manfaatkan kesempatan untuk berlomba-lomba mencari amal kebaikan dengan cara bersedekah. Sebab ramadhan adalah bulan yang rahmat, yang hanya ada sekali dalam setahun, dan belum tentu juga kita nanti akan berjumpa dengan ramadhan di tahun depan. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN