KERBAU SAPI TAK BERPUASA

Kerbau Sapi Tak Berpuasa

PUASA ramadhan diperuntukan bagi mereka yang menganut agama Islam. Mereka yang beriman kepada Allah dan Muhammad sebagai rasul, tentu menjadikan puasa ramadhan sebagai ritualitas yang harus dilakukan.

“Kita diciptakan sebagai manusia, maka harus berpuasa. Manusia dan binatang diciptakan oleh Allah, tetapi ada yang membedakannya,” ujar Ustad Nur Ali di musholah Al Jannah Gang Makmur, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang pada Kamis 3 Juli2014.

Untuk membedakannya dengan binatang, maka manusia harus berpuasa ramadhan. Sebab berpuasa itu sarana untuk mengendalikan hawa nafsu yang liar. Hawa nafsu yang berlebihan akan membahayakan, akan sama seperti halnya hewan. 


“Kerbau, sapi, tidak berpuasa. Jadi kalau ada orang Islam yang tidak berpuasa sama dengan kerbau atau sapi. Apakah mau disamakan dengan hewan,” tanya Ustad Nur.

Coba lihat saja, tingkah laku hewan jika di siang hari makan dan minum. Hewan ini tidak mengenal apa itu puasa walaupun sebagai makhluk ciptaan Allah. Tetapi yang disayangkan, ada juga manusia-manusia yang serupa dengan hewan. 

(sketsa by budi susilo)

“Badanya sehat masih bugar tetapi tidak ikut puasa. Di siang hari masih makan, minum, merokok, tidak ikut puasa. Ya, ini mirip hewan saja,” ujarnya. 

Disinggung dalam Al Quran, surah Al Baqarah ayat 183, bahwa “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan pula kepada orang-orang sebelum kamu. Mudah-mudahan kami menjadi orang yang bertakwa,” 

Di ayat itu menjelaskan, bahwa orang-orang yang menjalankan ibadah puasa berarti masuk ke dalam golongan orang yang bertakwa, yang mau menjalankan perintah dari Allah. 

Jangan sampai, waktunya berpuasa tetapi tidak berpuasa. Rugi mereka yang tidak berpuasa, tidak dapat melatih diri menjadi pribadi yang luhur. Sungguh disayangkan kalau tidak berpuasa, sama saja masuk ke golongan orang-orang yang tak bertakwa.  

Tak berpuasa, godaan hawa nafsu yang liar akan siap mengancam, merugikan diri sendiri. Tubuh mereka pun mungkin tak akan sehat. “Berpuasa itu membawa manfaat yang banyak, sayang kalau kita tidak berpuasa,” ungkapnya. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN