RAIHLAH PUASA SETAHUN

Raihlah Puasa Setahun


ORANG membayangkan, bahwa menjalankan ibadah puasa ramadhan berlangsung selama sebulan penuh. Karena ini maka berkesempatan memperoleh pahala puasa tiga puluh hari lamanya. 

Setiap berpuasa dapat imbalan 10 pahala, jadi jika ditotal pahala yang diperoleh selama bulan ramadhan sebanyak 300 pahala.  

Namun bila dikaji secara mendalam, sebenarnya ibadah puasa dapat diperoleh dengan hitungan nilai pahala puasa selama setahun. 

Syaratnya, usai mengikuti puasa ramadhan kemudian dapat dilanjutkan dengan puasa sunnah di bulan syawal selama seminggu. 

Itulah himbauan yang disampaikan oleh Ustad Abdul Gofur dalam kultum sholat tarawih di Mushollah Al Jannah, Kota Tangerang, Banten pada 20 Juli 2014 malam.

(sketsa by budi susilo)
“Usai ramadhan kita lanjutkan dengan puasa syawal. Kalau memang kita mau dapat pahala puasa sebanyak setahun,” ungkap pria berkumis tebal ini.

Katanya, menjalankan ibadah puasa syawal durasinya adalah enam hari. Hitungannya per hari mendapat pahala kebaikan sebesar 10. Jadi bila enam hari maka totalnya sebesar 60. 

Jika ditambah dengan nilai puasa ramadhan yang sebesar 300, maka totalnya menjadi 360. Nilai ini seakan sama dengan pelaksanaan ibadah puasa setahun lamanya.

Menurutnya, puasa itu sarana untuk memperbaiki diri, menjadikan diri sebagai orang-orang yang bertakwa kepada Allah. Jangan sampai, puasa ramadhan usai, namun rasa ketakwaan kepada Allah berkurang.

“Kita tetap nurut sama gusti Allah. Jangan lupa mengaji, harus banyak-banyak mendengar nasihat ulama, ustad, dan dekat sama orang-orang saleh,” tegas Ustad Gofur. ( )
 
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN