RAMADHAN CEGAH KEZHALIMAN

Ramadhan Cegah Kezhaliman

AL QURAN diturunkan oleh Allah ke muka bumi diperuntukan untuk rahmat bagi seluruh alam. Adanya Al Quran, maka manusia punya pedoman hidup. 

Al Quran mampu memberikan bimbingan hidup manusia pada jalan kebenaran. Al Quran diturunkan oleh Allah, yang disampaikan melalui Muhmmad, yang dianggap sebagai rasulullah SAW. 

"Diturunkannya Quran untuk mukmin," kata Ustad Abdul Gofur dalam taushiyah sholat tarawih di mushollah Al Jannah, Gang Makmur, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, pada Rabu 2 Juli 2014 malam.


Kandungan yang dimiliki Al Quran sangat berisi. Semua apa yang disinggung dalam Al Quran punya petunjuk yang berguna. Al Quran memuat isi yang kaya manfaat. Al Quran itu bagai obat dan juga bisa sebagai ramhat. Termasuk di antaranya mengenai keterangan untuk berpuasa di bulan ramadhan.

Di dalam Al Quran, terdapat perintah mukmin untuk berpuasa di bulan ramadhan. Seperti dalam surat Al Baqarah ayat 185, "Maka barangsiapa di antara kamu telah menyaksikan bulan ramadhan, maka hendaklah ia mempuasakan bulan ramadhan itu."

Ibadah puasa ramadhan masuk perintah agama. Wajib bagi mereka yang mampu menunaikan dan ada keringanan bagi mereka yang berhalangan untuk tidak berpuasa. 

(sketsa by budi susilo)

Perintah puasa di bulan ramadhan memiliki kegunaan bagi setiap kaum muslim. Berpuasa di bulan ramadhan adalah kesempatan untuk mencari amal kebaikan, kerahmatan, dan keberkahan bagi diri sendiri dan orang lain. 

Melalui puasa, hawa nafsu manusia dapat terkendali, tidak membabi buta yang dapat merugikan dirinya dan orang lain. Jika manusia mampu mengendalikan hawa nafsunya, maka dunia akan akan terasa nyaman, tentram dan damai. 

"Mereka yang tidak berpuasa di bulan ramadhan jika tanpa halangan maka sama saja kita anggap tidak lagi orang yang beriman, bukan lagi sebagai orang mukmin," tegasnya.

Hawa nafsu yang tidak terkendali akan membuat manusia hancur masuk ke dalam lubang kenistaan, bahkan pola pikir dan tindak tanduknya akan menunjukan sifat zhalim. 

Hawa nafsu yang menguasai manusia akan memberikan pengaruh manusia menjadi orang yang zhalim. "Orang kalau sudah zhalim pasti akan merusak tatanan kehidupan ini," ujarnya.

Karena itu, dia berharap, agar manfaatkan ibadah puasa ramadhan tahun ini dengan sebaik-baiknya agar nanti dapat meraih kemenangan, kembali menjadi manusia yang fitrah lahir batin. 

"Kita berdoa kepada Allah agar kita tetap selalu menjadi orang-orang yang beriman, dijauhi dari segala godaan syetan," tutur Ustad Gofur. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN