RAMADHAN MEMULIAKAN MUSLIM

Ramadhan Memuliakan Muslim


“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan pula kepada orang-orang sebelum kamu. Mudah-mudahan kamu menjadi orang yang bertaqwa,”

KUTIPAN ayat Al Quran yang ada di surat Al Baqarah ayat 183 tersebut menjadi ayat pembuka dalam kutbah sholat jumat, pada Jumat 4 Juli 2014 yang disampaikan oleh Ustad Abdul Salam di Masjid Nurul Amaliyah, Kalibata Jakarta Selatan

“Saum atau puasa itu menahan hawa nafsu, tidak makan dan tidak minum, juga tidak bercampur dengan pasangan yang sah,” tegasnya. 

Puasa di bulan ramadhan dilakukan kala sinar fajar terbit hingga dilakukan pada saat matahari sudah terbenam. Puasa dilakukan oleh orang Islam, yang sudah baliq, dan punya daya tahan. 

“Perintah puasa harus dipatuhi supaya dapat pahala dari Allah. Orang yang jalankan puasa berarti masuk orang yang bertakwa,” kata Ustad Abdul.

Mengenai puasa, tutur Abdul, tidak hanya diperintahkan kepada umat-umat jaman sekarang, tetapi umat-umat terdahulu, yang sebelum ada nabi Muhammad juga diperintahkan untuk berpuasa. “Puasa itu wajib, jika berhalangan puasa, maka membayar fidiyah,” ujarnya.

(skesta by budi susilo)

Menurutnya, tujuan puasa itu ada nilai baiknya. Rahmat, keberkahan, dan ketenangan akan diperoleh oleh mereka yang menjalankan ibadah puasa. Sungguh disayangkan bagi mereka yang menyia-nyiakan ibadah puasa ramadhan.
Puasa akan memberikan efek peningkatan rasa iman, khusuk beribadah kepada Allah. “Badan kita jadi sehat. Dosa-dosa yang kita punya akan diampuni,” urainya. 

Ustad Abdul menyebut, Rasulullah SAW pernah besabda, “Apabila datang ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” 

Ramadhan itu bulan rahmat, penuh keberkahan. Karenanya, jalankan puasa ramadhan dengan khusuk agar tetap menjadi orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah. “Ramadhan, kemuliaan bagi muslim,” ungkapnya. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN