RAMADHAN YANG MENSUCIKAN

Ramadhan Yang Mensucikan


PERNAH suatu ketika ada seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah mengenai apa keistimewaan dalam bulan ramadhan. Rasul pun menjelaskan, keistimewaan ramadhan ialah berpuasalah.

Sebab kata Ustad Baidhowi, bahwa, semua amal kebajikan yang dilakukan pada saat puasa ramadhan rahmatnya sangat luar biasa. Nilai pahalanya dilipatgandakan 10 sampai 70 pahala.  

“Berpuasalah agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa kepada Allah,” tuturnya pada Jumat 11 Juli 2014 dalam Kutbah Jumat di Masjid Jami Al Muttaqien, Kalibata, Jakarta Selatan.

Ramadhan itu juga merupakan bulannya pengampunan. Dosa-dosa yang dilakukan manusia dapat luntur seketika jika memang mampu menjalankan ibadah puasa secara benar dan baik, sesuai tuntunan syariat. 

Tidak heran, setiap mau datang bulan ramadhan selalu saja terdengung ucapan selama datang bulan yang menyucikan, sebab di bulan ini ada banyak kerahmatan, dan hidayah terpancarkan.

(sketsa by budi susilo)
“Siapa yang akan menyucikan ? Ya tentu saja adalah bulan ramadhan, kesempatan untuk sucikan diri dari dosa,” ujarnya.

Barang siapa yang beramal ibadah di bulan ramadhan maka dijamin akan peroleh limpahan berkah pahala yang mengunung. Kesempatan meraih pahala di puasa ramadhan tidak seperti di hari biasanya, karena mereka yang mampu jalankan puasa ramadhan akan peroleh bonus besar dari Allah SWT.

Selain itu, bulan ramadhan pun dianggap sebagai bulannya petunjuk bagi manusia. Laksana kompas, penunjuk arah mata angin, ramadhan pun dapat juga berfungsi sebagai petunjuk hal-hal yang baik. “Bulan ramadhan bulannya diturunkan Quran,” ungkapnya.

Sejarah pernah mencatat, ada peristiwa heroik di bulan ramadhan. Yakni kejadian perang Badar, yang dilakukan di bulan ramadhan. Perang antara kaum muslim dengan kaum kafir dan dimenangkan oleh umat muslim walau jumlah tentaranya lebih sedikit.

“Ramadhan mengingatkan akan sejarah kemenangan umat muslim. Ramadhan bulan kemenangan yang menakjubkan, bulannya untuk semangat berjihad di jalan Allah,” tuturnya. ( )
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN