KEBAKARAN

Kebakaran


APA jadinya bila kebakaran melanda pemukiman warga. Tentu saja amat sangat menyedihkan, harta benda dan juga ada nyawa yang lenyap di makan api merah yang berkobar gagah.   

Apalagi ketika petugas pemadam kebakaraan tak berdaya untuk menaklukan si jago merah, maka warga pun turut meluapkan amarah, menuding petugas pemadam kebakaran tidak becus bekerja secara profesional.

Pengalaman inilah yang dialami warga Tondano, Kabupaten Minahasa, provinsi Sulawesi Utara, yang dalam dua bulan terakhir, sering terjadi bencana kebakaran rumah penduduk.[1]

Tanah pun rata, semua rumah lenyap, terbakar habis karena di lalap si jago merah. Berdasarkan data dua bulan terakhir ini, ada lima kasus kebakaran yang menghancurkan bumi Tondano, sepuluh rumah ambruk menjadi rata.

Dalam bencana itu, ada juga yang disalahkan. Yakni para petugas pemadam kebakarannya. Alasannya, armada yang dimiliki petugas tidak memenuhi standar kualitas, akibatnya petugas dianggap tak berdaya untuk menaklukan kobaran api.

(sketsa by budi susilo)

Prinsip yang berbunyi “Belum Pulang Sebelum Padam” tak lagi dimiliki oleh para petugas pemadam kebakaran di wilayah Tondano. 

Ada sebagian warga berpendapat, mobil pemadamnya sudah tua renta, sehingga ketika melakukan pemadaman tak mampu berbuat maksimal. 

Mobil pemadam sudah menyiram air, namun api tetap membesar, melumat segala benda yang dilewatinya. Petugas sudah ekstra keras, tapi pergerakan api lebih cepat merembet kemana-mana, karena memang kobaran apinya begitu sangat kuat. 

Karena itu, segera jawab tantangan ini. Cari solusi bersama. Jika memang dinyatakan tidak lagi layak mobil pemadamnya, maka pemerintah setempat harus cepat menjawab solusinya. 

Namun selain itu, perlu diimbangi kesadaran dari warganya juga, agar pada lain kesempatan bisa menerapkan pola hidup cermat, dan selalu pandai, jangan teledor dalam menjaga lingkungan tempat tinggalnya. Betul tidak ?      




[1] Waduh, Tondano Diserang ‘Negara Api’ http://manado.tribunnews.com/2014/09/15/waduh-tondano-diserang-negara-api

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN