MEDIA SOSIAL SEPERTI PISAU

Media Sosial Seperti Pisau


ABAD kini manusia memeluk erat media sosial. Utamanya kaum muda, sehari-hari tidak pernah puasa dari konsumsi jejaring sosial seperti bermain facebook, twitter, path, blog, dan media sosial jenis lainnya.

Sebagian besar pemuda sudah terperangkap pada keranjang media sosial. Berkomunikasi tidak semata berjumpa langsung, sekarang sudah sangat praktis melalui media sosial, yang jauh menjadi dekat, dan yang dekat seakan seperti jauh karena telah dibatasi media sosial.

Fenomena media sosial selalu ramai diperbincangkan. Contoh diantaranya, melalui media sosial, ada orang yang beruntung bisa mendadak jadi selebritis, atau juga barang dagangan yang dimiliki seorang pengusaha bisa dengan mudahnya laris manis tanjung kimpul. 

Sebaliknya, ada juga orang yang buntung gara-gara menggunakan media sosial. Diantaranya tipe-tipe seperti ini adalah orang-orang yang sering menumpahkan kemarahan lewat media sosial tanpa fakta dan data.

Baru-baru ini, ada pembuktian kalau media sosial itu ternyata bisa memberi bencana bagi penggunanya  sendiri. Alasannya, si pengguna tidak bijak memakai media sosial. 

(sketsa by budi susilo)

Saking bebasnya menggunakan media sosial, kebebasannya tidak terkendali, pengguna seakan hilang kesadaran, rasa kebebasannya melebihi batas. Akibatnya, membawa derita sendiri bagi si pengguna.

Contohnya kejadian yang ada di Kota Yogyakarta dan di Kota Bandung, ramai dengan berita hangat dari pengguna media sosial yang dianggap sangat kebablasan. Pengguna media sosial dianggap hilang kendali, mencaci-maki yang bernadakan fitnah, merugikan banyak orang.

Itulah media sosial, seperti pisau. Jika pisau di tangan koki maka akan bermanfaat, digunakan untuk perlatan masak, akan sangat bermanfaat. 

Tetapi sebaliknya, bila pisau ada di tangan seorang kriminal, maka pisaunya akan dipakai untuk merampok dan membunuh orang. Jari mu adalah harimau mu. Yuk, bijaklah menggunakan media sosial. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN