IDUL ADHA 1435 HIJRIAH

Qurban Jamin Keselamatan


HADIRNYA Islam dalam diri manusia sebagai penyelamat. Islam memberi petunjuk, dapat menjadi pedoman hidup agar tak tersesat. Seperti pelaksanaan sholat lima waktu diwajibkan bagi setiap muslim. Begitu pun perintah berpuasa dan haji.

“Sholat tujuannya untuk menghindari perbuatan keji munkar. Puasa untuk membentengi diri dari dosa,” ujar Habib Ahmad bin Novel bin Jindan saat berkutbah dalam sholat Idul Adha pada Minggu 5 Oktober 2014, di Masjid At Tawwaab, Kelurahan Larangan Indah, Kota Tangerang, Banten.

Ia menegaskan, untuk umat muslim, baik itu pria dan wanita, yang berkesempatan pergi ke tanah suci menunaikan ibadah haji, diharapkan bisa menjadi pribadi haji yang mabrur.

Bukan lagi sekedar seremonial ibadah haji yang kosong tak bermakna, atau lebih membanggakan diri karena gelar hajinya. “Haji yang benar itu, membuahkan takwa,” kata Habib. 

Haji mabrur itu, menargetkan kepergiannya ke tanah suci karena ingin meningkatkan rasa iman dan takwa. Bila langkah dan niat hajinya benar dan khusuk, maka mendapat nilai lebih. “Mereka yang mabrur, ganjarannya surga,” ujarnya.

Sementara, bagi mereka yang belum berkesempatan tunaikan ibadah haji di Mekkah, maka dapat berqurban, sembelih kambing, sapi, atau kerbau. “Mereka yang berqurban punya tujuan yaitu membuktikan taat pada perintah Allah,” tutur Habib.

Pelaksanaan sembelih sapi di lapangan Makmur, Larangan Utara, Kota Tangerang provinsi Banten pada Minggu 5 Oktober 2014 siang. Pemotongan sapi ini memerlukan tenaga beberapa orang agar sapi mudah dirubuhkan ke permukaan tanah dan langsung disembelih. (photo by budi susilo)


Perlu diketahui, lebaran Idul Adha masuk ketegori hari raya agung yang diperuntukan bagi kaum muslim yang mau taat pada perintah Allah, dan mau menjauhi segala larangan dari Allah.[1]
 
“Hari raya Qurban bukan ditentukan dari pakaian yang baru, bagus, tapi ukurannya dari nilai ketakwaan. Mereka yang mau bertakwa, peroleh pengampunan dosa dari Allah,” kata Habib, yang saat itu mengenakan busana jubah putih.

Ada sebuah cerita yang pernah terjadi pada Ali bin Abi Thalib di hari raya qurban Idul Adha. Kala itu, Ali didatangi seseorang yang berpakaian mahal, bagus, dan beraroma harum. Lalu orang ini kaget melihat Ali sedang bersantai di depan hidangan roti kering.

Karena merasa heran, orang ini bertanya pada Ali, kenapa di hari raya ini kamu masih betah di depan makan-makanan roti kering. Ini hari raya, kenapa tidak menikmati makan-makanan yang sedap dan mahal.

Mendengar hal ini, kemudian Ali menjawab, Hari ini memang hari raya. Hari raya tahun lalu, hari raya tahun depan, juga hari raya ini, yang penting buat aku hari yang tidak melanggar pada perintah Allah. Hari raya harus dirayakan setiap hari, dengan bukti untuk selalu taat pada Allah.
      
Karena itu, menurut Habib, hari raya Idul Adha adalah kesempatan umat muslim untuk lebih meningkatkan rasa iman dan takwa. Mereka yang mau berqurban, maka darah sembelih qurbannya akan menambah derajat bagi mereka yang mau berqurban.

Bahkan, sebelum darah hewan qurban jatuh ke tanah bumi, orang yang berqurban akan diangkat derajatnya oleh Allah. “Jangan mementingkan perkara dunia. Qurban akan menjamin, memberi keselamatan kita di hari kiamat nanti,” tegas Habib.

Sebelumnya,[2] Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta, Azyumardi Azra, menulis, kalau ibadah haji dan ibadah qurban untuk taqarrub ila Allah sekaligus menjadi taqarrub ila al nas, saling mendekat dan akrab di antara sesama manusia.

Ibadah qurban, sesuai dengan kandungan makna qurban, juga bertujuan membuat seseorang lebih qarib (dengan Tuhan dan sekaligus dengan manusia lain, antara mereka yang memiliki kelebihan rezeki dan harta dengan mereka masyarakat fakir, miskin, dan nestapa. ( )






[1]Kami berqurban bersama Nabi Muhammad SAW di Hudaibiyah, satu unta untuk tujuh orang, satu sapi untuk tujuh orang.” (Hadis Riwayat Muslim, Abu Daud, Tirmidzi)
[2] Takarub Sosio-religius dan Politik, Kompas terbitan Sabtu 4 Oktober 2014 hal 1 disambung ke hal 15.

Komentar

  1. Alhamdulillah, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Berbahagia nan sehat sentosa ya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN