TAMAN PUJALIDANE | KOTA TANGERANG | BANTEN

Alam Rindang Di Jantung Kota

ANGIN bertiup semilir menggoyangkan dedauan pohon yang tumbuh di area Taman Kota Pujalidane, Selasa 7 Oktober 2014 siang. Hijau dan asri, selimuti taman yang berlokasi di pinggiran Jalan Perintis Kemerdekaan, Babakan, Kota Tangerang Banten ini.

Kala panas menyengat, Taman Kota Pujalidane menjadi tempat yang cocok untuk berteduh, menikmati segarnya rindang pohon yang sebagian besar telah tumbuh tinggi besar. 

Kehadiran sosok taman ini ibarat paru-paru kota, yang mampu menyuguhkan kenikmatan alam lestari. Inilah yang sempat saya rasakan, pada sekitar jam dua siang, waktu Kota Tangerang.

Di saat pikiran sedang penat, maka taman Pujalidane ini memberi keteduhan. Waktu tubuh lelah, tak bergairah, maka taman Pujalidane ini seakan mentransfer energi yang membangkitkan semangat.

Panorama alam Taman Pujalidane Kota Tangerang pada Selasa 7 Oktober 2014. Tempat ini biasanya juga digunakan warga untuk mengekspresikan hobi memancing ikan yang hidup di Sungai Cisadane. (photo by budi susilo)

Ketika berada di taman ini, maka mata kita pun akan disuguhkan geliat kehidupan sungai Cisadane. Melihat aktivitas nelayan-nelayan, berlalu-lalang melajukan kapal bermotor berukuran mini.

Mengalirnya air sungai Cisadane yang coklat menggambarkan kehidupan yang  gembira dan dinamis. Hidup itu tak boleh berhenti, kecuali mati dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa. Arus kehidupan harus terus dilanjutkan, tak boleh menyerah.  

Tampak, siang itu, taman Pujalidane sebagai lokasi favorit tongkrongan para warga. Sekedar ada yang duduk bersantai menghela napas, atau berjualan makanan dan minuman ringan. 

Ada juga yang melakukan aktivitas kumpul silaturahmi dan ada yang menjadikan taman sebagai media untuk berekspresi seni teater dan olah vokal, yang dilakukan oleh para siswa dari sebuah Sekolah Menengah Umum di Tangerang. ( )

Suasana Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tangerang yang mulai ramai oleh bangunan-bangunan beton nan megah pada Selasa 7 Oktober 2014 siang. Arus kendaraan bermotor di daerah ini terbilang ramai dan padat. (photo by budi susilo)
 
Taman Pujalidane dimanfaatkan warga untuk tempat bersinggah menikmati segarnya alam lestari taman kota. Tempat ini merupakan fasilitas publik. Bagi mereka yang ingin memanfaatkan tidak dipungut biaya asalkan tetap menjaga kebersihan dan ketertiban taman. Tampak, ada anak-anak sekolah nongkrong menikmati taman pada Selasa 7 Oktober 2014 siang. (photo by budi susilo)
Jembatan panjang nan besar membentang membelah sungai Cisadane. Pemandangan ini dapat dilihat secara langsung dari Taman Kota Pujalidane Tangerang. Setiap harinya taman ini ramai dikunjungi warga sebagai tempat persinggahan pelepas penat. Sungai Cisadane yang bersih menjadi tambahan pemandangan indah taman pada Selasa 7 Oktober 2014 siang. (photo by budi susilo) 

Seorang warga sedang melintas di Sungai Cisadane usai mencari ikan menggunakan perahu mesin berukuran kecil pada Selasa 7 Oktober 2014 siang. (photo by budi susilo)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN