PELUK ERAT BELANTARA BUMI

Peluk Erat Belantara Bumi

RASAKAN kebebasan alam hijau belantara. Nikmati tiupan angin yang sejuk. Resapi segarnya air sungai dan lautan bumi ini. Pastinya, tidak akan pernah lupa, selalu teringat-ingat, menjadi kenangan hidup yang indah.   

Inilah kehidupan. Tuhan sangat berbaik hati mau membuatkan alam bumi ini dengan begitu cantik. Karenanya, bersyukur atas semua keindahan ciptaan-Nya mengingat hidup ini hanyalah panggung, kehidupan di dunia ini kalau orang Gorontalo bilang, Dunia Botia Bo Pilohepita.[1]

Planet bumi ini, yang di ciptakan oleh Tuhan seakan memberi hiburan tersendiri bagi kaum insani, suguhkan keelokan rembulan malam, gunung-gunung, hutan, sungai, lautan, awan bertabur bintang, kehangatan sinar fajar, dan warna-warni pelangi.

Manusia terdahulu, ada orang-orang yang pergi berkelana mengarungi planet bumi, menikmati alam suguhan bumi, antara lain Bartholomeus Dias, seorang penjelajah dari bangsa Portugis yang pada tahun 1496 masehi menjelajah sampai ke ujung Afrika Selatan yaitu Cape of Good Hope atau Tanjung Harapan.

Bersama-sama mengarungi perairan hutan bakau Desa Muara, Teluknaga, provinsi  Banten pada Sabtu 29 November 2014 siang. Di lokasi ini sangat nyaman untuk dijelajahi dan banyak pula orang-orang yang melakukan aktivitas mancing ikan payau. (photo by khalid nurdien)

Lalu juga ada sosok Vasco da Gama, orang bangsa Portugis yang berani menjelajah sampai ke Kalikut India di tahun 1498 masehi. Dan ada juga Panglima Ceng Ho dari Tiongkok yang pernah singgah di negeri melayu. 

Itulah sedikit cerita dari orang-orang penjelajah, penikmat planet bumi. Kita yang kini sebagai orang-orang generasi yang terlahir di akhir ini, mesti tetap tersadar untuk menjaga harta keindahan alam yang ada dalam pangkuan planet bumi ini. Jangan merusak, harus ingat untuk generasi cucu dan cicit kita. ( )




[1] Arti dari Dunia botia bo pilohepita adalah “dunia ini hanya persinggahan saja.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN