LAMIN ETAM AMBORS | KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA | KALIMANTAN TIMUR

Wisata Alam Yang Dilengkapi Binatang


MENTARI pagi bersinar. Teriknya menembus awan-awan, menerangi bumi Kota Balikpapan. Kesempatan inilah, waktu yang pas untuk berjalan-jalan ke luar Kota Balikpapan. 

Saya bersama teman-teman dari Tribun Kaltim, yang berjumlah sekitar 15 orang lebih, menyempatkan waktu mengunjungi daerah wisata alam Kalimantan, bernama Lamin Etam Ambors, pada Rabu 24 Desember 2014.

Daerah wisata alam itu ada di sebuah kabupaten, yakni Kutai Kartanegara, sebuah daerah yang terkenal dengan harta sumber daya alamnya berupa batu bara, yang belakangan sangat mengkhwatirkan, wajah di bumi ini sebagiannya telah rusak.   

Lokasi wisata alam Lamin Etam Ambors tidak jauh dari perbatasan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Mungkin, dari perbatasan hanya memakan waktu sekitar 25 menit.

Patung naga terbang yang terpajang di wisata alam Lamin Etam Ambors pada Rabu 24 Desember 2014. (photo by budi susilo)

Persisnya ada dibilangan alamat Desa Tani Bhakti, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, provinsi Kalimantan Timur. 

Akses menuju ke lokasi tidak ada fasilitas kendaraan umum, pengunjung sebaiknya membawa kendaraan sendiri, jika ingin tiba dengan waktu yang tepat dan cepat.

Dari pusat Kota Balikpapan menuju lokasi wisata alam Lamin Etam Ambors hanya membutuhkan waktu satu jam. Syaratnya, hitungan satu jam ini tanpa terjebak oleh kemacetan arus lalu-lintas. 

Saat itu kami melalui jalur darat, menggunakan sewaan bus mini, yang kalau di Kota Jakarta seperti bus Kopaja. Berangkatnya sekitar jam 08.30 Wita, tibanya pada jam 09.30 Wita. 

Tak perlu membawa kendaraan roda empat jenis off road atau sepeda motor trail, karena lintasan jalannya terlapisi aspal hitam yang halus, tanpa ada jebakan lubang menganga. 

Medan yang kita lalui kala itu tidak hancur berantakan. Hanya kita perlu hati-hati saja, harus tetap waspada, pintar-pintar jaga keselamatan diri, sebab jalan menuju ke lokasi ini banyak kelokan dan naik turun, serta ramai lalu-lalang kendaraan yang lain.

Setiba dilokasi Lamin Etam Ambors, sungguh, tempat wisata ini mampu memberikan suguhan wisata alam yang khas alam Kutai Kartanegara, Kalimantan. 

Tempatnya dilengkapi beragam fasilitas wahana permainan air, terapi ikan, outbond, sepeda motor trail, kandang binatang, dan pesona alam rindang. Nah, tidak percaya ? Datangi saja dan buktikan sendiri sensasi alamnya. ( )

Jembatan goyang yang berdiri di hamparan waduk Lamin Etam Ambors (photo by budi susilo)

Patung nelayan yang ada di Lamin Etam Ambors Kabupaten Kutai Kartanegara (photo by budi susilo)

Iguana koleksi binatang yang dimiliki wisata alam Lamin Etam Ambors (photo by budi susilo)

Panorama air yang dimiliki wisata alam Lamin Etam Ambors (photo budi susilo)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN