MEMANGKAS POHON SUDIRMAN RELA BERPANAS-PANASAN

Memangkas Pohon 
Sudirman Rela Berpanas-panasan 

MESIN gergaji yang dipegang Sudirman (37), bunyi meraung kencang. Sudirman memanfaatkan gergajinya untuk menebang pohon-pohon yang tumbuh menjulang tinggi, rimbun di sepanjang Jalan Yos Sudarso, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa 16 Desember 2014.
 
Kontan arus lalu-lintas di jalanan ini macet, padat merayap. Sejumlah kendaraan bermotor melambatkan lajunya, beberapa polisi lalu-lintas juga turut berjaga, tampak mengatur arus lalu lintas.

Dihujani terik matahari yang panas, Sudirman tak surut semangat. Sudirman terlihat terus bergerak memotong pohon-pohon. 

“Semua pohon yang tumbuh dipangkas,” ujar Sudirman, kepada saya, sambil mengoperasikan mesin gergajinya, memotong pohon-pohon yang di antaranya ada pohon angsana, beringin, dan karanganyar.

Ditemui juga, Abdul Kadir Harifudin, Kepala Pengawas Pemangkasan Pohon, Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Balikpapan mengatakan, personel pemangkas pohon yang diterjunkan ke lapangan sejumlah 16 orang, dan ada dua truk. “Nantinya pohon-pohon ini kami akan buang ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah),” katanya.

Sudirman yang bertelanjang dada sibuk memotong batang-batang pohon yang baru saja dipangkas pada Selasa 16 Desember 2014. (photo by budi susilo)

Ditambahkan pula, Hairul Ilmi, Kepala Bidang Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Balikpapan menuturkan, kegiatan pemangkasan pohon lebih ditujukan untuk keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan raya. 

“Sekarang sudah masuk musim hujan. Pohon rawan ambruk kalau ada angin kencang,” ujar Hairlul yang kulitnya memiliki ciri warna sawo matang ini. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN