NATAL DI BALIKPAPAN | KALIMANTAN TIMUR

Perbedaan yang Berbalut Kedamaian


Selamat hari Natal buat kalian yang merayakannya. Buat saya pribadi, momen natal di Kota Balikpapan Kalimantan merupakan yang pertama kalinya saya alami. Inilah kisah saya di akhir tahun 2014. 

Paling sering, ketika bertepatan hari raya Natal, diri saya berada di tanah Jawa atau juga Bumi Kawanua Sulawesi Utara. 

Tidak jauh berbeda dengan di Kota Manado Sulawesi Utara, daerah Balikpapan pun memiliki atmosfir yang sama. 

Suasana toleransi antarumat beragama di Kota Balikpapan begitu mengental. Tidak ada jarak antara satu agama dengan agama yang lainnya.

Terbukti saat saya berkunjung open house Natal seorang warga Kota Balikpapan, di daerah Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara, tidak terlihat adanya kekakuan sosial.

Jelang liburan natal kondisi di pelabuhan Semayang Kota Balikpapan ramai oleh para penumpang dari Kalimantan Timur Selasa 16 Desember 2014. (photo by budi susilo)

Tampak ada beberapa warga muslimah, yang ikut datang bersilaturahmi open house Natal, dan disambut baik oleh tuan rumahnya. Keakraban dan kebahagiaan bisa dirasakan, seakan sedang merayakan perbedaan yang berbalut kedamaian. 

Saya mendatangi ke acara open house Natal, pada Kamis 25 Desember 2014 siang. Saya bersama Bang Domu Ambareta, Ade Miranti Sari, Doan Pardede, dan Lutphi, pergi open house menggunakan sarana kendaraan roda empat. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN