PANTAI MONPERA | BALIKPAPAN | KALIMANTAN TIMUR

Monpera Wisata Kota yang Asyik

SEUSAI menjalankan ibadah sholat Jumat, saya menyempatkan waktu berkunjung ke daerah Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur, dibilangan Jalan Sudirman pada Jumat 26 Desember 2014. 

Orang-orang setempat, sering menyebut lokasi wisata ini sebagai pantai Monpera, yang merupakan singkatan dari Monumen Perjuangan Rakyat Kalimantan Timur.

Monpera diresmikan sejak 19 November 1983 oleh kepala pemerintahan daerah Kalimantan Timur,  yang kala itu dijabat Gubernur KDH TK I Kaltim H. Soewandi.

Saat itu, pengunjung kawasan ini tidak membludak. Kawasan wisata kota ini hanya terlihat puluhan orang saja, maklum, bukan bertepatan dengan hari libur. 

Patung Perjuangan Rakyat Kaltim di Kota Balikpapan (photo by rudy firmanto)

Cuaca kala itu cerah. Matahari siang bersinar terik. Cuaca panas ekstrem memang tidak layak untuk kegiatan renang di pantai. 

Kegiatan yang paling pas saat itu, lebih asik duduk bersantai di bawah pepohonan rindang sambil menikmati jajanan santapan minuman kelapa muda yang dijual oleh warung-warung di pinggir pantai.

Monpera berdekatan dengan pantai Balikpapan, berhadapan langsung ke arah Selat Makassar sehingga kita bisa melihat kapal-kapal laut besar melintas mengarungi lautan dan melihat dengan mata telanjang kegiatan kilang minyak di tengah lautan.  

Para pengunjung Monpera selain menikmati taman rindang, juga bisa bermain di pasir pantainya yang luas bersih, dan segarnya hembusan angin pantai. Ayo anda sekalian, datang sekali-kali untuk menikmati alam Monpera Balikpapan ini. ( )

 
Taman Monpera Kota Balikpapan Kalimantan Timur pada Jumat 26 Desember 2014 (photo by budi susilo)
Patung perjuangan rakyat Kalimantan Timur di Kota Balikpapan Jalan Sudirman pada Jumat 26 Desember 2014 (photo by budi susilo)
Pandangan hamparan Pantai Monpera Kota Balikpapan pada Jumat 26 Desember 2014 (photo budi susilo)
Hamparan pasir Pantai Monpera Kota Balikpapan pada Jumat 26 Desember 2014 (photo by budi susilo)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN