PELAMPUNG RENANG ANGSA | PANTAI MONPERA | BALIKPAPAN | KALIMANTAN TIMUR



Bertopi biru, Suwito (66), di bawah terik matahari yang menyengat sedang menata pelampung renang miliknya, yang berjumlah puluhan di pinggiran Pantai Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat). 

Setiap harinya, Suwito di Pantai Monpera melakoni sebagai tukang sewa pelampung renang. Barang pelampungnya menyerupai binatang angsa putih, disewa dengan tarif Rp 10 ribu pakai sepuasnya.

“Sekarang lagi sepi. Sabtu dan Minggu biasanya ramai,” ujarnya kepada saya, pada Jumat 26 Desember 2014.


Menurutnya, pelampung renang sangat dibutuhkan bagi para pengunjung pantai, terutama anak-anak. Fungsinya sebagai sarana pelengkap kenyamanan renang.

Suwito penyedia jasa pelampung renang Pantai Monpera (photo by budi susilo)

“Buat berenang di pinggir pantai. Pakai pelampung ini bisa buat senang anak-anak,” tutur Suwito, yang baru dua bulan lebih menggeluti bisnis sewa pelampung renang ini. 

Ia menambahkan, menjalankan bisnis sewa pelampung renang tidak semudah yang dibayangkan, sebab selalu saja menemui kendala. Di antaranya, pelampung sering rusak oleh konsumen. 

Pelampung yang dia sewakan itu sering bolong-bolong kena karang, atau benturan benda lancip lainnya saat dipakai renang. Namun, Suwito tidak menutut ganti rugi kepada konsumennya.

“Sampai sekarang pelampung yang rusak sudah mencapai 15. Jelas saya rugi, tapi ini risiko saya,” katanya yang saat itu mengenakan baju kemeja merah. 

Dia tinggal di Kota Balikpapan baru terhitung satu tahun. Pria ini asalnya bukan dari Kalimantan Timur, tetapi orang dari Kwitang Kota Jakarta, yang merantau ke bumi Borneo.

“Disini (Pantai Monpera) saya bersama istri berjualan makanan dan menyewakan alat pelampung renang,” kata Suwito.  

Dia berdagang di pantai Monpera tidaklah gratis. Setiap bulannya, Suwito diwajibkan oleh pihak militer angkatan darat Kaltim selaku pengelola Monpera, untuk membayar iuran lahan dagangan. “Tiap bulannya harus bayar Rp 250 ribu,” ujarnya. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN