POLWAN MANADO | BALIKPAPAN | KALIMANTAN TIMUR

Satu Jam Untuk Anak

TERJUN ke dunia kepolisian Republik Indonesia bukan berarti seorang polisi wanita (Polwan) AKP Novy Magdalena, yang kini menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Kota Balikpapan, melupakan urusan keluarga intinya. 

Ia tak mungkin harus meninggalkan kepentingan keluarga kecilnya, mengurus suami dan kedua anaknya. Sebab pada dasarnya, seseorang yang sudah berkecimpung dalam pernikahan, maka dituntut tanggungjawab membangun keluarga.

“Dua-duanya dikedepankan. Mengutamakan tanggungjawab karir saya,” tuturnya, pada Senin 22 Desember 2014 sore, di ruang kerjanya.

Selain itu, tambahnya, dia pun harus bertanggungjawab mengurusi rumah tangga dengan baik. “Saya-kan masih punya suami dan anak,” ungkapnya yang sejak 27 Maret 2014 lalu, wanita karir ini diangkat sebagai Kasat Lantas Polres Kota Balikpapan.

Perempuan yang punya model rambut sebahu ini membagi waktu kerja dan urusan rumah tangga secara seimbang. Satu sama lain harus berjalan seiring sejalan, tidak ada satu pun yang terbengkalai.

Kasat Lantas Polres Kota Balikpapan Novy Magdalena di ruang kerjanya di Jalan Sudirman pada Senin 22 Desember 2014. (Photo by budi susilo)

“Setiap harinya, saya selalu sempatkan waktu untuk berjumpa dengan anak-anak. Saya luangkan waktu selama satu jam untuk akrab bersama anak,” katanya.

Sekarang ini, Novy yang lahir di Kota Manado pada 19 April 1966, memiliki dua buah hati. Anak pertama adalah Ellen Pricilia Pandaleke, yang mengenyam pendidikan di Akademi Polisi Semarang dan anak yang terkecil ialah Elfareta Adelia Pandaleke.  

Mengingat jelang Natal dan Tahun Baru 2015, Novy akan disibukan kegiatan operasi Lilin, mengamankan kondisi jalanan dan tempat-tempat publik serta memperlancar arus lalu-lintas para pemudik. 

Namun katanya, itu tidak menjadi persolan yang pelik, sebab anggota keluarganya sudah memahami peran profesinya sebagai polisi, yang sepenuh hati untuk mengayomi dan melayani masyarakat.

“Walau sibuk, saya tetap rajin berkomunikasi dengan anak-anak saya. Keluarga itu penting. Buat saya bisa menjadi motivasi dalam berkarir di kepolisian,” tegasnya. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN