RAJIN TANAMKAN AMAL IBADAH

Rajin Tanamkan Amal Ibadah

MATAHARI siang itu memancarkan terik panas di Sangatta Utara, Kalimantan Timur. Akan tetapi, kondisi ini tidak menyurutkan masyarakat muslim Sangata untuk pergi ibadah sholat jumat di Masjid At Taqwa.

Masjid yang berlokasi di pusat keramaian, berada di Jalan Yos Sudarso, Desa Teluk Lingga, Sangata Utara, ini dipenuhi warga muslim, hingga membludak sampai luar pelataran masjid, Jumat 5 Desember 2014.
Masjid yang dibangun dengan berlantai dua ini seakan menjadi lokasi ibadah jumat yang paling cocok bagi warga masyarakat Sangata, karena selain luas ruangannya, masjid ini juga nyaman dan adem.  

Kala itu, sebagai penyampai kutbah jumat disampaikan oleh Ustad Arkani Ali, yang pada intinya menyampaikan sikap kemantapan dalam beriman dan bertakwa, demi menggapai hari yang lebih baik lagi.

Di awal kutbah, kepada para jamaah jumat Ustad Arkani Ali mencoba mengingatkan kembali akan nasehat-nasehat yang pernah Rasul Muhammad SAW sampaikan di masa silam.

Jamaah sholat jumat sebagian sedang ada yang melakukan ibadah sholat sunnah. Geliat aktivitas ibadah sholat di Masjid At Taqwa Desa Teluk Lingga, Sangatta Utara Kalimantan Timur pada Jumat 5 Desember 2014. (photo by budi susilo)

Katanya, Rasul pada saat itu pernah berpidato di hadapan umatnya. Pesan dalam pidato itu menegaskan bahwa, setiap manusia harus bertobat kepada Allah. “Wahai manusia bertobatlah kepada Allah sebelum kalian mati.” 

Manusia lahir turun ke bumi dalam keadaan suci. Manusia yang lahir keluar dari rahim perempuan (ibu) dalam kondisi bersih dari dosa nista. 
Dan kemudian berlanjut, dari umur balita, lalu hidup tumbuh berkembang menjadi sosok dewasa, seorang remaja, pemuda, dan menjadi orang tua. 
Dalam kehidupan, kadang manusia berbuat salah yang bernilai dosa, melanggar nilai-nilai moral. Makanya, manusia yang punya banyak khilaf seharusnya bertobat, agar Allah mau mengampuninya.
Manusia idealnya mesti mau beramal soleh. Mau arahkan hubungan kalian dengan Tuhanmu melalui zikir dan sedekah ikhlas dengan cara bersembunyi-sembunyi atau terang-terangan. “Maka Allah akan memberi rezeki dan pertolongan,” ujar Arkani.
Pergunakan kehidupan untuk sesuatu yang positif dan bermanfaat. Gunakan hidup untuk beramal ibadah. Sebagai seorang muslim sejati, langkahnya harus beramal soleh, rajin menanamkan amal kebaikan.
“Tidak pernah ada cerita orang yang beramal jadi jatuh miskin. Malah mereka yang beramal dapat rezeki yang tak disangka-sangka,” katanya.
Dalam Quran surat Al Hadiid ayat 11 menyinggung, bahwa “Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik maka Allah akan melipat gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak.”  
Dekatkan diri pada Allah lewat cara berzikir. Luangkan waktu kapan pun dan dimana pun untuk berzikir. Sebagaimana dalam Quran surat Thoha ayat 130, 
“Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang.”
Sebab, tambahnya, melalui kegiatan zikir, ibarat berkomunikasi dengan Allah. Zikir itu, mengingat pada Allah. “Zikir setiap saat. Pagi, siang, dan malam,” tuturnya. ( )
   
    

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN