CAGAR BUDAYA RUMAH PANGGUNG BALIKAPAN

Rumah Berbahan Baku Kayu


Siang itu, untuk mengisi waktu luang, Saya bersama Ahmad Sodiq berkesempatan menyusuri sepanjang Jalan Letjen Suprapto, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan menggunakan sepeda motor bebek milik Sodiq, pada Kamis 8 Januari 2015.

Arus kendaraan bermotor yang lalu-lalang kala itu memang agak ramai, maklum siang itu bertepatan dengan jam sibuk aktivitas warga masyarakat Kota Balikpapan.

Di daerah tersebut, saya menemukan pemandangan bergaya properti klasik, mirip era trend di jaman pemerintahan Hindia Belanda, berupa rumah panggung khas peradaban melayu.

Rumah-rumah itu saya temukan saat usai melintasi tempat psuat perdagangan hasil kerajinan seni Kalimantan, yakni Pasar Kebun Sayur Balikpapan. Rumah-rumahnya ditandai papan informasi sebagai peninggalan cagar budaya.

Rumah panggung yang ada di Jalan Letjen Suprapto Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis 8 Januari 2015 siang. Rumah ini dibuat sejak rezim kolonial Hindia Belanda saat mendiami Balikpapan. (photo by Jongfajar Kelana)

Kini eksistensi rumah itu masih difungsikan sebagai rumah dinas pegawai Pertamina Balikpapan. Rumahnya tidak hanya satu atau dua unit, tetapi berjumlah puluhan. Meski rumahnya terbuat dari kayu, namun memiliki nilai eksotis bercita rasa melayu. ( )

Tampak depan rumah panggung Kota Balikpapan yang telah masuk dalam bagian cagar budaya Kalimantan Timur pada Kamis 8 Januari 2015. Kondisi rumah ini masih tarawat baik dan berpenampilan ciamik. (photo by ahmad sodiq)
Tampak samping rumah panggung Kota Balikpapan yang terbuat dari kayu Kalimantan dan kini telah masuk dalam bagian cagar budaya Kalimantan Timur pada Kamis 8 Januari 2015 siang. Kondisi rumah ini masih tarawat baik dan berpenampilan ciamik. (photo by ahmad sodiq)

Komentar

  1. salam hangat ;)
    kayu yg digunakan utk pembangunan tsb mmakai kayu jenis apa ya gan ???
    oiya gan btw agan ada info seputar jual rumah tegal yg berfasilitas AC serta ada tembok klilingny itu dmna ya ??
    dtunggu infonya ya gan mkasih
    salam sukses ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibuat dari kayu asli Kalimantan, biasa disebut kayu besi atau kayu ulin yang terkenal sangat kuat dari gerusan zaman meski terendam air dan suhu lembab, kebal rayap.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN