DUNIA INI LADANG BEKAL AKHIRAT

Dunia Ini Ladang Bekal Akhirat


SUARA azan jumat kedua berkumandang kencang di Masjid Baitturahim, Kampung Wonorejo, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Gema azan itu terdengar, tersiar ke penjuru Kampung Wonorejo, tepat saat jarum jam menunjukan pukul 12.35 Wita, pada Jumat 9 Januari 2015. 

Sebagai pengkutbah jumat, disampaikan langsung oleh Ustad Abdulkadir Mawardi, yang di awal kutbahnya menyampaikan doa, harapan, dan rasa syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan kesehatan dan mampu pergi tunaikan sholat jumat. 

“Kita semua yang ada disini, tentu ingin sekali, semua ibadah yang kita lakukan selama ini mendapat ridho dari Allah,” tuturnya, yang kala itu mengenakan busana koko putih.

Ia mengingatkan kembali kepada jamaah yang hadir, bahwa ada tips-tips jitu yang bersumber dari Rasulullah, bagaimana caranya agar pelaksanaan ibadah mendapat ridho dari Allah. “Ada tiga hal agar mendapat ridho dari Allah,” bebernya.

Susana Jalan Indrakila, Kampung Timur, Kota Balikapan, Kalimantan Timur pada Sabtu 3 Januari 2015. Di tempat ini dimukim banyak rumah penduduk. (photo by budi susilo)

Yang pertama, jelasnya, setiap ibadah yang dilakukan tidak boleh ada karena hal-hal lain seperti menduakan Allah. Niat ibadah hanya untuk Allah ta’ala. “Tidak boleh menyekutukan Allah,” tegas Mawardi.

Sebagai umat Muhammad SAW, tentu saja ibadah hanya ingin mendapat ridho dari Allah. Mematuhi segala perintah-Nya dan segala larangan-Nya, yang mengacu pada Al Quran dan Hadis. 

“Kalau kegiatan ibadah kita tidak dapat ridho, sama saja kita tidak mendapatkan nilai ibadah, ibadahnya sia-sia saja,” ujarnya.

Kemudian tips kedua, memperkuat ukuwah Islamiyah, memperkuat persatuan umat Islam dengan balutan rasa keimanan dan ketakwaan yang teguh dan berpegang kuat pada Al Quran dan As Sunnah. “Mereka yang tidak mau, ya tentu saja, mereka tidak akan dimasukan ke surganya Allah,” kata Mawardi.

Lalu tips yang ketiga, mau memberikan nasehat-nasehat yang bernilai religius. Mau mengajak orang untuk berada pada jalur iman dan rasa ketakwaan kepada Allah SWT agar yang diajak tersebut selamat di dunia dan akhirat. 

“Semua yang ada di dunia ini, yang kita miliki semuanya hanya sementara. Semua harta, jabatan, gelar hanya titipan Allah. Dunia ini hanya ladang untuk bekal kita menuju akhirat,” ujarnya.

Karena itu, manfaatkan ladang dengan sebaik-baiknya dengan menanam perbuatan ibadah seperti di antaranya sedekah, takafur, dan tadabur. “Kalau sudah waktunya yang tepat, kita akan panen semuanya,” tuturnya.

Tetapi jika sebaliknya, segala kegiatan diisi dengan hal-hal yang buruk, menanam pekerjaan dengan maksiat dan durkaha maka siap-siap neraka menjadi tempat yang abadi di akhirat. “Semua yang kita lakukan di dunia akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat nanti,” kata Mawardi, yang memiliki janggut tipis ini. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN