MENGARUNGI PERAIRAN KALIMANTAN UTARA


Tiket Perahunya Lagi Turun Harga

SETIBA memasuki pintu gerbang sebuah pelabuhan Tengkayu Satu, Kota Tarakan Kalimantan Utara, saya diberitahukan oleh supir taxi, terlebih dahulu membeli tiket sebelum nanti kehabisan. 

Membelinya di loket resmi kapal speedboat, yang lokasinya agak jauh dari dermaga, pada Sabtu 10 Januari 2015. Daripada membeli kepada calo kena mahal, lebih baik beli di loket resmi toh.  

Di loket tiket, berbagai macam tiket ke berbagai jurusan tersedia, tetapi saya memilih ke jurusan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. 


Setiap loket yang buka, sudah ada bagian porsinya masing-masing, sehingga loket-loket tiket tersebut tidak terlihat adanya persaingan yang sengit, konsumen pun tak jadi rebutan dan korban paksaan loket. 

Saya mendapat perahu speedboat Tanjung Express. Perahu bermotor ini mengantar saya ke Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan dengan harga tarif Rp 120 ribu. 

Kata supir taxi, harga tersebut sudah turun, sebab saat ada kenaikan bahan bakar minyak tarifnya kena Rp 130 ribu, namun ketika harga bahan bakar minyak turun, maka tarif speedboat dikenakan biaya Rp 120 ribu.

Saya dapat jadwal berangkat pukul 14.05 Wita. Aturannya, setiap penumpang harus berada di kapal 30 menit sebelum jam berangkat. 

Jika para penumpang tidak mengikuti aturan itu, maka siap-siap saja, akan ditinggal perahu. Dan apabila sudah ditinggal maka penumpang tidak berhak untuk menuntut pengembalian uang tiket. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN