BERDOA DAN SHOLAT KHUSUK

Alaq Dikirimi Malaikat Pembasmi Perampok

ANGKA jam menunjukan 12.15 Wita. Waktu ini menandakan selesainya azan pertama ibadah sholat jumat di Masjid Agung Istiqomah, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, pada Jumat 20 Februari 2015.

Sebagai penyampai kutbah jumat saat itu ialah Ustad Mu’min Al Haq. Dalam kutbahnya, dia menjelaskan, mengenai dahsyatnya berdoa dan sholat, yang fungsinya sebagai kekuatan bagi umat manusia. “Semakin banyak bersawalat maka kita akan memperoleh syafa’at,” ujarnya. 

Ada cerita, seseorang bernama Abu Mu Alaq, yang merupakan saudagar kaya raya di tanah arab sana. Meski kaya raya, Alaq ini punya budi pekerti yang luhur, selalu taat kepada Allah SWT.

Suatu waktu, Alaq pergi berdagang, melanglang buana. Namun saat di tengah perjalanan Alaq tiba-tiba dihadang segerombolan perampok yang mengancam akan merampas harta benda dan nyawanya. “Kami ingin harta dan jiwa kamu,” kata pimpinan perampok.

Mengetahui permintaan kelompok perampok tersebut, Alaq pun langsung mengajukan permohonan balasan. Alaq berharap, sebelum harta dan jiwanya dirampas, agar dirinya diijinkan terlebih dahulu untuk menunaikan sholat empat rakaat. 

Mendengar itu, perampok pun menyutujui permintaan Alaq. Dan langsung Alaq melaksanakan sholat. Ketika menunaikan sholat, Alaq menyempatkan diri berdoa kepada Allah, memohon pada yang Kuasa untuk menurunkan pertolongan, dijauhkan dari mara bahaya perampokan.

Tak berselang lama, rupanya doa Alaq langsung dikabulkan oleh Allah SWT. Tiba-tiba datanglah penunggang kuda. Inilah malaikat yang berwujud seorang kesatria bersenjata tombak yang jago berperang. Kesatria ini muncul, mendekati ke para perampok dan langsung membasminya. 

Pelataran depan Masjid Darul Istiqomah Desa Tanah Kuning Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Jumat 23 Januari 2015. Masjid ini sangat berdekatan dengan pesisir pantai. (photo by budi susilo)
Cerita itu menggambarkan, bahwa doa sebagai sarana berita kita kepada Allah. Kita sering berdoa khusuk maka kita akan semakin dekat kepada Allah. Allah akan menolong ke setiap orang yang mau berdoa secara khusuk.

Dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 45, berbunyi, “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusuk.”

Mari kita jadikan sholat sebagai media komunikasi kita kepada Allah. Jadikan doa untuk jembatan komunikasi kita kepada Allah. Ketika kita melakukan doa, janganlah setengah hati, atau berdoa ala kadarnya dengan canda. “Mengadukan kesedihan, kesusahan pada Allah dengan khusuk, insyaallah, Allah akan menolong kita,” ujar Mu’min. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN