DESA GUNUNG SARI | KABUPATEN BULUNGAN | KALIMANTAN UTARA

Gunung Sari Ala Tanjung Selor

Siang itu, saya menginjak daratan bumi Jalan Poros Tanah Kuning, Desa Gunung Sari, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, pada Senin 16 Februari 2015. 

Cuaca kala itu, panas cerah, terik mataharinya bersinar menyengat. Jalan rayanya mulus beraspal, maklum saja karena lintasan ini merupakan jalur ke arah Tanah Kuning, yang di masa mendatang bakal menjadi pusat kawasan industri di Kalimantan Utara. 

Saya tengok kepala ke arah kanan dan kiri, jarang sekali melihat bangunan pemukiman penduduk. Tempatnya masih sepi, masih banyak lahan yang kosong, mayoritas lahan masih ditumbuhi tumbuhan semak belukar. 

Kata warga setempat, kawasan ini masih lebih dikenal sebagai daerah transmigrasi Kalimantan yang banyak dihuni warga masyarakat perantauan dari tanah Jawa. 

Jalan raya yang membentang di daerah Desa Gunung Sari Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Senin 16 Februari 2015. Kawasan ini dikenal sebagai lokasi transmigrasi di Kalimantan Utara. (photo by fitriani)

Terbukti, satu di antaranya di pinggiran jalan raya daerah Desa Gunung Sari ini, saya menemukan sebuah warung kuliner berukuran sedang dengan tawaran menu nasi lalap, mi pangsit, dan panganan bakso khas jajajan Solo. ( ) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN