PANTAI PINDADA | DESA MANGKUPADI | KABUPATEN BULUNGAN | KALIMANTAN UTARA

Alam Pantainya Sungguh Perawan

Saya ingat, Jumat 23 Januari 2015 lalu mengunjungi daratan Pantai Pindada, yang berada di Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. 

Untuk menuju ke lokasi ini, paling cepat butuh waktu sekitar satu jam setengah, yang berangkatnya dari daerah Tanjung Selor, Ibu Kota Kabupaten Bulungan. 

Perjalanannya jalur darat yang berlikak-likuk, berlubang, berdebu, dipenuhi kerikil bebatuan, dan trek yang menurun dan mendaki. Apabila hujan turun, paling daya tempuhnya butuh waktu dua jam lebih. 

Pantai ini terbilang masih alami, belum tersentuh oleh managemen komersialisasi wisata. Pokoknya asik, pantainya masih sepi dan bersih dari sampah-sampah rumah tangga. 

Saat itu, terik matahari memang menyengat. Debur ombak lautnya tidak tinggi, lumayan tenang. Angin pantainya bertiup sepoi-sepoi, mampu menggoyangkan dahan-dahan pohon yang tumbuh di pinggiran pantai.

Pantai Pindada yang sepi. Pantai ini berada di Desa Mangkupadi Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, Jumat 23 Januari 2015. Rencananya tempat ini juga akan dijadikan kawasan industri Kalimantan Utara. (photo by budi susilo)

Tetapi yang agak unik, di pantai ini terdapat sebuah anak sungai kecil yang airnya berwarna coklat, indah mewarnai Pantai Pindada. Airnya mengalir ke arah lautan, menandakan cerminan kehidupan yang harmoni.

Selama berada di pinggiran pantai, saya belum berkesempatan melihat perahu nelayan berlalu-lalang di perairan Pindada. Lautannya sepi, hanya terdengar ramai suara samar-samar suara ombak pantai. 

Katanya, dalam jangka panjang, entah berapa puluh tahun lagi, daerah ini akan dijadikan kawasan industri dan sebagai lokasi pelabuhan bertaraf internasional di provinsi Kalimantan Utara. ( )

Pantai Pindada di Desa Mangkupadi Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan provinsi Kalimantan Utara Jumat 23 Januari 2015. (photo by mukhlis)

Pantai Pindada di Desa Mangkupadi Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan provinsi Kalimantan Utara Jumat 23 Januari 2015. (photo by budi susilo)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN