DESA MARA HILIR | TANJUNG PALAS BARAT | KALIMANTAN UTARA

Kesan Pertama Kalinya

MENGINJAK Desa Mara Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Barat, Kabupten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara pada Senin 2 Maret 2015 adalah hal yang bersejarah, pasalnya momen ini bagi saya untuk yang pertama kalinya.

Usai melihat-lihat Dusun Kenarai, Desa Mara Satu, pada pukul 16.34 Wita, saya yang ikut dalam perahu speedboat rombongan Bupati Bulungan langsung melanjutkan perjalanan dan tiba di lokasi Desa Mara Hilir pada pukul 16.42 Wita.

Ketika merapat ke daratan desa ini, telah dilengkapi dengan dermaga yang sederhana. Tidak terlalu menyulitkan, turun dari perahu, bisa langsung bebas berjalan melenggang kangkung.

Di pintu masuk desa ini, kami langsung ‘disambut’ sebuah bangunan masjid. Terlihat lumpur-lumpur banjir di pekarangan masjid ini masih membekas. Sebuah jembatan yang menghubungkan dengan daerah lain pun ada juga masih yang terputus.

Suasana Desa Mara Hilir Kecamatan Tanjung Palas Barat Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Senin 2 Maret 2015, pasca genangan banjir luapan Sungai Kayan. (photo by budi susilo)

Sebagian besar, rumah warga masih rumah-rumah kayu. Kata warga setempat, seperti pengakuan Nuriansyah, Kepala Desa Mara Hilir, banjir di daerah Desa Mara Hilir terbilang besar, hingga mencapai tiga meter lebih, mengingat desa ini berdekatan dengan Sungai Kayan. “Banyak bangunan sekolah, sawah, rumah warga terendam banjir,” ungkapnya.

Tetapi untungnya, selama banjir tidak ada warga Desa Mara Hilir yang turut menjadi korban jiwa, hanya harta benda saja yang sebagian warga ada yang kehilangan rusak karena banjir. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN