NASIB BANDARA UDARA TANJUNG HARAPAN | TANJUNG SELOR | KALIMANTAN UTARA

Mohon Jangan Kau Lakukan Ya


APA kabar Bandara Udara Tanjung Harapan usai landasan pacu mu pernah dijamahi sentuhan banjir luapan Sungai Kayan. Kaulah harapan para pengguna transportasi pesawat terbang di Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Engkau berdiri di atas bumi Kecamatan Tanjung Selor yakni daerah kecamatan yang digadang-gadangkan akan menjadi kota pusat bisnis ibukota provinsi Kalimantan Utara. Orang-orang butuh mu, sebab orang-orang luar yang mau datang ke pusat pemerintahan Kalimantan Utara hanya mengambil langkah naik pesawat dan lalu tinggal mendarat di Tanjung Selor. 

Atau sebaliknya, masyarakat yang ada di Bulungan ingin berpergian ke luar kota tidak perlu lagi harus repot menyebrangi Sungai Kayan menuju ke arah Bandara Juwata yang ada di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. 

Rencananya landasan pacu mu akan diperpanjang hingga membentang ratusan meter sampai membelah bukit, menggusur taman kota, dan melahap sebagian kecil kawasan hutan kota. Sangat disayangkan kalau sampai mengorbankan hal-hal ini. Mohon jangan kau lakukan ya ! 

Lagi pula, kau ini berdekatan dengan bangunan gedung-gedung tinggi perkantoran milik pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara, juga tak jauh dengan beberapa rumah penduduk masyarakat menengah ke bawah.

Pesawat berbadan mungil mendarat di Bandara Udara Tanjung Harapan, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Kamis 5 Februari 2015 siang. Pesawat ini tergolong pesawat milik pribadi sebuah lembaga sosial. (photo by budi susilo)

Kalau saja panjang landasan pacu mu bertambah, dan pesawat model Boeing bisa mendarat di sekujur tubuh mu, tentu saja setiap harinya pegawai-pegawai kantor akan mendengar bising mesin si burung-burung besi.  

Kaji lagi pengembangan Bandara Udara Tanjung Harapan, Tanjung Selor. Mungkin dia lebih cocok berstatus bandara udara perintis, yang hanya disinggahi pesawat-pesawat berbadan mungil. 

Kalau Bulungan bercita-cita ingin memiliki bandara udara terbesar, coba tengok daerah di Tanah Kuning Bulungan, mungkin lebih cocok ya. 


KOMPOSISI Bandara Udara Tanjung Harapan
- Berada di Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan
- Bandara udara berkelas 3C bercita-cita mau jadi kelas 4D
- Jenis pesawat terbang yang bisa mendarat adalah ATR
- Tahun 2015 panjang landasan pacu masih 1200 meter
- Landasan pacu akan diperpanjang jadi 1600 meter
- Dan berlanjut diperpanjang lagi jadi 2500 meter
- Lalu pesawat jenis Boeing bisa mendarat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN