TANJUNG SELOR SABAN HARI | KALIMANTAN UTARA

Tanjung Selor Saban Hari

MENAPAK jalan, mengejar informasi berbau Bulungan, Kalimantan Utara. Dimulai tiap pagi dan saban hari. Roda motor menggelinding, di tengah keheningan alam Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. 

Pembangunannya belum seberapa, jumlah penduduknya juga masih itu-itu saja kalau dibandingkan dengan Kota Tangerang, yang sudah padat, berjumlah besar. Ibaratnya, tiduran di tengah jalan pada malam hari Tanjung Selor tidak akan tertabrak kendaraan.

Aspal jalan menghiasi deretan rumah-rumah warga, alangkah majunya, warga sudah menganggap itu sebagai kebanggaan. Di pinggiran Sungai Kayan dibangun tanggul beton dan taman, semakin tampak menakjubkan. Indahnya tempat ini dibentengi Sungai Kayan yang sentosa. 

Biasanya jalan hanya berbatu, berlubang, berdebu, dan hanya setapak yang diselimuti rerumputan semak-belukar. Pancaran inilah yang kadang masih sering mengental di desa-desa yang menempel di daratan bumi Kalimantan Utara.  

(photo by budi susilo)

Orang hidup, bangun pagi lanjut bekerja. Ada yang bertani, berternak, menjadi birokrat, jurnalis, pekerja seni, bekerja sebagai polisi, Tentara Nasional Indonesia dan buruh, aneka macam manusia menekuni profesinya atas nama demi pengabdian dan keabadian hidup. Berdinamislah Kalimantan Utara, demi mengejar sebuah doa bernama Berjaya, Indonesia. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN