TARUNA MANGGALA | TANJUNG PALAS UTARA | KALIMANTAN UTARA

Motorcross Masuk Desa

Raungan mesin motor memecah suasana sunyi Desa Ruhui Rahayu, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Sabtu 22 Maret 2015 siang. Soalnya, di tempat ini digelar Kejurda Open Grasstrack Seri Satu Kalimantan Utara.
Semua pencinta motorcross berkumpul, berunjuk gigi, untuk menentukan siapa yang paling hebat menjuarai event tingkat Kabupaten Bulungan itu. Tempat ini dikenal sirkuit Taruna Manggala.
“Digelar di desa ini untuk yang pertama kalinya. Yang juara dapat hadiah sepeda motor bebek dan motor matik,” ungkap Karel Hidayat, Ketua Ikatan Motor Indonesia untuk wilayah Kalimantan Timur.   
Pesertanya ada 80 orang dengan jumlah kelas balap sebanyak 12. Persertanya berasal dari berbagai daerah, di antaranya ada dari Kabupaten Tana Tidung, Kota Tarakan, dan Kabupaten Berau Kalimantan Timur.
Satu di antaranya, ada pembalap anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 4 di Kabupaten Tana Tidung. Bocah ini bernama Wahyu Astrawinata (12), yang punya target juara satu. “Di tempat ini saya baru pertama kali. Sebelumnya saya ikut yang di Tarakan dapat juara tiga,” ungkapnya.

Pembalap motorcross berunjuk gigi di sirkuit Taruna Manggala Desa Ruhui Rahayu Kecamatan Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Sabtu 22 Maret 2015. Gelaran ini merupakan yang pertama kalinya dan bila sukses akan terus dilanjutkan menjadi ajang rutin. (photo by budi susilo)

Dia yang mengenakan motor cross hijau mengikuti balap kelas mini moto. Wahyu tidak memiliki perasaan takut. Balapan motorcross sudah dianggap sebagai kegiatan olah-raga yang menantang. “Saya sudah terbiasa. Saya sering dilatih sama bapak saya. Latihannya dua kali dalam seminggu,” ujarnya.
Menurutnya, sebelum ikut balapan sudah melakukan persiapan secara matang. Yakni makan dan minum yang teratur, menjaga kesehatan, dan kesiapan mesin motor yang baik. “Kemauan saya ikut balap. Tidak ada paksaan dari orang lain,” kata Wahyu.
Event itu turut dihadiri Bupati Bulungan, Budiman Arifin, yang juga meresmikan kegiatan balapnya. Disambutannya, Budiman mengatakan, apabila event berlangsung dengan sukses maka akan digelar secara rutin. 
Selain itu, arena yang berstatus kas desa ini akan ditetapkan sebagai lokasi balapan resmi untuk di kawasan Kabupaten Bulungan. “Pembanguan sirkuit akan ditingkatkan agar menjadi arena andalan Bulungan,” ujarnya. 
Dia mengimbau, agar semua para peserta yang terlibat di Open Grasstrack bisa mengikuti lomba dengan menjunjung tinggi sportifitas agar event menghasilkan hiburan yang berkualitas.
“Namanya anak muda suka dengan balapan. Mudah-mudahan adanya arena balap mereka yang punya hobi balap bisa tersalurkan dan akan muncul anak-anak muda berbakat,” tutur Budiman. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN