DESA LONG PESO | BULUNGAN | KALIMANTAN UTARA

Sempat Mogok di Peso Hilir 

WAKTU itu, Sabtu 25 April 2015 kemarin, berkesempatan merambah ke wilayah Kecamatan Peso. Tepatnya di Desa Long Bia dan Desa Long Peso. Untuk menuju ke daerah ini menggunakan transportasi air, menyusuri liak-liuk Sungai Kayan Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. 

Bagi saya ini adalah yang kedua kalinya ke Kecamatan Peso. Awal pertama kali saat terjadi banjir besar melanda di daerah ini pada bulan Februari lalu. Untuk menuju ke Peso membutuhkan waktu empat jam, melewati beberapa kecamatan.

Berangkat dari Pelabuhan VIP Tanjung Selor pada pukul  09.00 Wita, menggunakan perahu speedboat milik Pemkab Bulungan. Arus air Sungai Kayan tidak deras, mengingat cuaca sedang cerah. 

Perjalanan kesana memang agak sulit, sebab laju perahu harus berlawanan arus. Berbeda bila arus balik menuju Tanjung Selor, perjalanan akan terasa mudah sebab perahu berjalan sesuai arah arus air. 

Saat berada di gapura Selamat Datang di Kecamatan Peso pada Sabtu 25 April 2015 siang. Saat air Sungai Kayan meluap ke daratan desa-desa ini banyak rumah warga yang terendam banjir sampai diketinggian atap rumah.

Saat dua jam lebih menempuh perjalanan, perahu tiba di daerah Kecamatan Peso Hilir. Mesin perahu sempat mati. Untung saja, tim teknisi perahu segera menanganinya. 

Akhirnya perahu pun bisa kembali melanjutkan perjalanan ke Desa Long Peso, untuk ikut merayakan panen raya dan akhirnya tiba di desa ini sekitar jam satu siang. Tiba dengan selamat, disambut para warga desa yang luar biasa kekeluargaannya.( )

Warga Desa Long Peso yang jago menabuh gendang pada tarian panen raya pada Sabtu 25 April 2015. Desa ini berada di Kecamatan Peso Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. (photo by budi susilo)

Kepala Desa Long Peso bernama Quing Ding saat membuka pesta panen raya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN