PETANI SAHANG | DESA MANGKUPADI | TANJUNG PALAS TIMUR | KALIMANTAN UTARA

Sahang Jembatan Naik Haji Petani Mangkupadi

Lahan-lahan tidur kini mulai dibangunkan lagi. Inilah yang dilakukan beberapa warga Desa Mangkupadi Kecamatan Tanjung Palas Timur yang mulai menyulap lahan liar menjadi perkebunan tanaman lada atau bahasa lokalnya disebut sahang. 

Siang itu, Syamsul Alam (35), pria kelahiran Desa Mangkupadi sedang berada di kebun ladanya, yang ada di areal sektiar satu hektar. Pohon-pohonnya pun sudah tinggi, tumbuh subur, daunnya rimbun meski buah ladanya masih mudah hijau.

“Saya sudah lama bertani. Tapi baru kali ini saya menamam sahang, soalnya ada yang mau beli hasil kebun (lada) saya,” ungkapnya pada Minggu 5 April 2015 siang.   

Dia tidak sendiri, sebenarnya ada puluhan petani lainnya yang berminat berkebun lada. Antara lain, Ahmad Herdiana (41), petani lada mengungkapkan, menanam lada sangat mudah dilakukan.

Pohon-pohon sahang atau lada yang ada di bumi Desa Mangkupadi Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara (photo by budi susilo)
Kata dia tambahnya, tidak banyak pantangan, tumbuhannya kuat tidak rentan terhadap serangan hama. “Kalau sudah panen biasanya ada pembeli yang datang sendiri kesini (Desa Mangkupadi),” ujarnya.

Menurut, Ketua Kelompok Tani Sahang Mandiri, Firman Rivai, kegiatan kebun lada di Desa Mangkupadi sudah menggeliat sejak tahun 2014. Diharapkan, untuk langkah ke depan akan dibuat koperasi petani lada, yang nantinya bertujuan untuk menguatkan roda perekonomian petani. 

Bayangkan saja satu orang saja bisa menanam 50 pohon. Hasil yang bisa diperoleh dalam per musimnya bisa mencapai 300 sampai 400 kilogram. Untuk per kilogramnya saja bisa mencapat uang ratusan ribu.

 “Kami awalnya individu. Tapi sekarang kami sudah bentuk organisasi ke dalam kelompok,” ujar Firman.

Atas usaha warga desa tersebut, pemerintah Kabupaten Bulungan pun menyambut positif. Daerah itu pun akhirnya dicanangkan sebagai pusat pengembangan perkebunan tanaman sahang atau lada. 

Bupati pun berkesempatan meninjau langsung ke lokasi. Saat berada di perkebunan, Bupati sempat masuk ke kebun-kebun sahang melihat secara langsung. 

Bupati sangat mengapresiasinya. “Kalau petani semangat kami dari pemerintah juga bersemangat. Semoga apa yang kita lakukan ini bisa tingkatkan kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Karena itu, Pemkab Bulungan berkeinginan, selain Desa Mangkupadi juga akan di garap perkebunan sahang di Desa Apung Kecamatan Tanjung Selor dengan menyediakan lahan seluas 25 hektar. 

“Pemkab akan memberikan perhatian kepada petani sahang yang punya semangat tinggi. Kita berharap kalau di daerah lain ada petani sahang, kita semua yang ada di Mangkupadi bahkan seluruh Bulungan bisa sama-sama merasakan naik haji karena sahang,” katanya dengan canda. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN