KELANA DESA WONOMULYO KALIMANTAN UTARA

Merasakan Jembatan Goyang 
SIANG itu, saya berkesempatan menginjak daratan Desa Wonomulyo Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Rabu 10 Juni 2015 pagi jelang siang. 

Desa itu, merupakan wilayah perkebunan kedelai, yang menjadi program penanaman dari pemerintah Kabupaten Bulungan. Sebagian besar warga desa itu bercocok tanam, maklum dahulunya ini daerah transmigran orang-orang dari pulau jawa.

Saya berjumpa dengan beberapa warga desa yang menggeluti sebagai petani, penanam tumbuhan kedelai. Sebagian dari mereka ada yang becerita menamam kedelai di tanah yang tanpa diolah. Tetapi ada juga sebagian petani yang menanam kedelai di lahan yang telah diolah memakai alat traktor. 

Dan hasilnya, terhitung sudah berjalan satu bulan lebih tanamam kedelai yang tumbuh bagus ialah kedelai yang hidup di lahan yang telah diolah atau dibajak. Bandingkan dengan kedelai yang tumbuh di lahan tanpa olahan hasilnya tidak maksimal, pohonnya tidak tumbuh subur dan hijau rimbun, jauh di bawah kualitas pohon kedelai yang hidup di lahan olahan.

Kekeluargaan warga Desa Wonomulyo Kecamatan Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Rabu 10 Juni 2015. (Photo by Maman)
Jembatan goyang yang dimiliki Desa Wonomulyo Kecamatan Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Rabu 10 Juni 2015. (photo by budi susilo)
Untuk melihat perkebunan kedelai di Desa Wonomulyo saya harus melewati sebuah jembatan gantung yang umurnya sudah hampir tua. Jembatan ini memacu adrenalin saya karena bila dilewati akan bergoyang-goyang, layaknya sedang berada di kapal laut yang terombang-ambing di tengah lautan lepas. ( )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN