KULTEKA TANJUNG SELOR KALIMANTAN UTARA

Kulteka Surga Senja Bagi Kuliner Mania

Saat menunggu waktu berbuka puasa ramadhan, Kulteka menjadi tempat pilihan yang tepat.  Lokasinya berada di pinggiran Sungai Kayan, begitu mudanya kita mencari suasana indahnya senja Tanjung Selor.    

Kulteka sendiri kepanjangan dari Kuliner Tepian Sungai Kayan, berada di Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, pada Selasa 23 Juni 2015 sore. 

Ada puluhan deretan gerobak-gerobak jajanan kuliner yang menyediakan ragam minuman dan makanan khas populer nusantara dengan bandrol harga yang lumayan hemat.   

Diantaranya ada menu nasi goreng, ayam lalapan, pecel lele, ikan bandeng goreng, dan soto ayam hangat. Sementara untuk minumannya juga tersedia es campur, jus buah, teh dan kopi susu.

Jadwal berbuka puasa anda akan berkesan jika dilakukan di Kulteka ini. Dilengkapi atap-atap gubuk seng, suasana menyantap kuliner kita seakan berada di tengah-tengah perdesaan.

Kulteka saat jelang berbuka puasa pada Selasa 23 Juni 2015 (sketsa by budi susilo)

Sambil duduk bersantai menikmati kuliner khasnya, kita bisa puas menikmati hamparan Sungai Kayan yang coklat serta daratan Kecamatan Tanjung Palas yang masih banyak ditumbuhi beberapa pepohonan hijau dan rumah-rumah kayu nan sederhana. 

“Sekali-kali mencari susana baru. Buka puasa di Kulteka bersama teman-teman. Disini tempat yang paling asyik buat menikmati makanan minuman,” ungkap Muhammad Tahir, satu di antara pengunjung Kulteka. 

Sayang, ditempat wisata kuliner itu belum tersedia lengkap kamar mandi umum dan tempat parkir khusus kendaraan. Selama ini, pengunjung yang membawa sepeda motor harus parkir di tempat pedestarian, atau trotoar jalan. 

Sementara, bagi para pengunjung yang membawa kendaraan roda empat maka solusinya, dengan terpaksa harus diparkirkan di pinggiran trotoar, yang membuat ruang jalan raya semakin sempit.

Belum lama ini, Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi Kabupaten Bulungan, Baharuddin, mengatakan, kawasan Kulteka akan dibenahi, satu di antaranya akan dilengkapi lahan parkir dan dermaga perahu speedboat, serta jaringan internet gratis. 

“Supaya Kulteka tambah ramai. Bisa buat tempat wisata kuliner, tempat persinggahan transportasi air, tempat nongkrong yang asyik bagi siapa saja,” katanya.

Dia berjanji, kemungkinan program pembenahan Kulteka akan selesai di perjalanan tahun 2016 nanti, sekaligus nantinya akan melengkapi pesona taman pinggiran Sungai Kayan yang akan rampung pada akhir tahun 2015 ini. “Tanjung Selor mau jadi kota besar. Kita harus banyak berbenah,” tegas pria asal Sulawesi Selatan ini. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN