DESA PIMPING | BULUNGAN | KALIMANTAN UTARA

Serupa Musik Bambu dan Shumo

PAGI yang cerah, dianggap sebagai rezeki yang berkah bagi saya, pada Sabtu 29 Agustus 2015. Pergi berkunjung ke Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Menuju ke Desa Pimping melalui jalur air, Sungai Kayan dengan menggunakan perahu speedboat milik Pemerintah Kabupaten Bulungan, ikut bersama rombongan Bupati Bulungan, untuk meresmikan rumah adat warga setempat.

Mengunjungi Desa Pimping sama sekali saya belum pernah masuk ke perkampungan penduduknya. Kala itu hanya sekedar lewat saja, melintasi depan perkampungan Desa Pimping lewat jalur darat saat akan menuju ke Desa Ardimulyo.  

Melalui jalur sungai, daya tempuhnya ke desa ini tidak terlalu jauh, hingga memakan waktu sampai berjam-jam. Hanya butuh sekitar 45 menit dari pelabuhan VIP Tanjung Selor, bisa tiba di Desa Pimping. 

Pemusik Desa Pimping Kecamatan Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara
Bersama para dara Kalimantan Utara Desa Pimping Kecamatan Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan
 
Saat kebetulan meresmikan rumah adat, warga setempat menyuguhkan beragam kesenian dayak Desa Pimping. Tarian adat, busana khas Dayak yang unik, hingga musik etnik pun ditampilkan, sehingga membuat decak kagum pengunjung.

Satu di antaranya ialah musik pukul, yang bentuk dan bunyi nadanya menyerupai musik bambu yang dimiliki oleh suku Minahasa di Sulawesi Utara. Para pemain musik ini lebih dari lima orang. 

Bahkan sebelum itu, ketika saya dan rombongan Bupati Bulungan tiba di depan rumah adat, dua lelaki bertubuh besar bertelanjang dada, dengan kostum khas Dayak berunjuk gigi. Kedua lelaki itu berkelahi menampilkan seni olah-raga gulat, layaknya petarung Shumo Jepang. Is a Amazing, North Kalimantan.( )

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN