DESA ARDI MULYO | BULUNGAN | KALTARA

Rasakan Goyangan Jalan Bertanah

Desa membangun. Tidak mau kalah seperti perkotaan, desa mulai berbenah. Satu di antaranya Desa Ardi Mulyo, yang ada di Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, provinsi Kalimantan Utara.

WAKTU itu, saya berkesempatan mengunjungi Desa Ardi Mulyo di sebuah jalan yang sedang digarap, pada Sabtu 31 Oktober 2015. Jalan ini begitu lebar, mampu memuat empat kendaraan roda empat.

Kondisi jalan saat itu masih bertanah merah. Berkubang air. Laju mobil yang saya naiki goyangannya begitu terasa, asyik sekali. Saluran air pinggir jalannya pun sedang digarap. Kendaraan bermotor yang melintas di jalan ini mesti berhati-hati jika tidak ingin celaka.

Jalan ini dibangun dengan pembiyaan dari anggaran pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Saat membuka jalan ini, membelah bukit, yang membutuhkan banyak biaya dan waktu. Inilah yang disebut Jalan Rinjani yang akan menuju ke arah Pelabuhan Rakyat Ancam.[1]

Rasanya berkesan berbeda saat berjalan di daratan Desa Ardi Mulyo yang tak layak karena sedang digarap. Bangga bisa melihat secara langsung sejarah pembuatan jalan besar di Desa Ardi Mulyo.

Suasana pedesaan masih mengental, tidak banyak polusi asap kendaraan bermotor. Rumah-rumah warganya pun masih berjarak jauh dan bergaya rumah kayu ala orang-orang transmigran. Sangat seru deh. ( )    

Suasana Jalan Rinjani Desa Ardi Mulyo Sabtu 31 Oktober 2015. (Photo by Budi Susilo)
Suasana Jalan Rinjani Desa Ardi Mulyo Sabtu 31 Oktober 2015. (Photo by Budi Susilo) 
Suasana Jalan Rinjani Desa Ardi Mulyo Sabtu 31 Oktober 2015. (Photo by Budi Susilo)


[1] Portal TRIBUNkaltim.co “Desa Ardi Mulyo tak Lama Lagi Lepas dari Keterisolasian,” terbit pada Kamis 30 Juli tahun 2015, pada rubrik Tribun Etam daerah Tanjung Selor.  http://kaltim.tribunnews.com/2015/07/30/desa-ardi-mulyo-tak-lama-lagi-lepas-dari-keterisolasian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN