TANAH KUNING VILLAGE | NORTH KALIMANTAN

Desa yang tak Berwarna Kuning


Sebuah Kabupaten Bulungan terdapat sebuah desa bernama Tanah Kuning yang sangat berdekatan dengan kehidupan pesisir laut. Desa ini lokasinya berada di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Provinsi Kalimantan Utara.

DESA Tanah Kuning namanya, tetapi tanahnya tidak berwarna kuning. Desa Tanah Kuning digadang-gadangkan sebagai daerah yang di tahun mendatang sebagai lokasi strategis karena ada perencanaan pembangunan pelabuhan laut dan kawasan industri.

Untuk mencapai ke Desa Tanah Kuning, sekarang sudah mulai mudah, bisa ditempuh melalui jalur darat, sebab sudah ada beberapa ruas jalan yang sudah diaspal halus, meski masih banyak jalan yang berkerikil dan berdebu, Sabtu 15 November 2015 siang.

Menurut cerita-cerita orang terdahulu, sekitar di tahun 2000, akses jalan darat dari Tanjung Selor menuju Tanah Kuning masih sangat sulit, penuh perjuangan keras, melewati alam yang liar nan cadas. 


Melintasi jalan darat di Desa Tanah Kuning Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Sabtu 14 November 2015. Tampak jalannya masih berkondisi berkerikil dan berdebu, belum teraspal halus. Bagi pengendara wajib waspada, menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di posisi depan. (Photo by Budi Susilo)


Kemudian berangsur dari tahun ke tahun, jalur daratnya mulai dikembangkan. Sekitar tahun 2003, jalur darat mulai dibangun meski masih berkondisi tanah dan berlumpur. Kala hujan deras, jalan becek berlumpur. Sepeda motor sulit melintas.

Apalagi saat di jalur yang menanjak, wajib hati-hati. Jika tidak maka akan terjadi kecelakaan. Waku jalanan licin dan menanjak terjadilah kemacetan lalu-lintas, karena tiap-tiap kendaraan bermotor jalan bergiliran satu-persatu, mesti antre untuk menghindari tabrakan.  

Itulah cerita yang masih membekas dalam kehidupan masyarakat Desa Tanah Kuning. Kini desa ini mulai membangun, bertahap demi tahap melalukan dinamisasi pedesaaan, yang merupakan kampung hunian ternyaman bagi masyarakat. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN