TIAS | DESA TANJUNG BUKA | BULUNGAN | KALTARA

Singgah di Rumah Kakek Bercucu Puluhan

Sekitar satu jam lebih bergulir, merasakan atmosfir Kampung Antal, Desa Salimbatu. Tidak disini saja, selanjutnya melanjutkan perjalanan ke perkampungan nelayan lainnya. Nama kampungnya Tias, yang masih berada di Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

MEMAKAI perahu speedboat, berangkat menuju Kampung Tias, di pukul 11.58 Wita, Kamis 22 Oktober 2015. Melewati anak sungai dan perairan laut, satu cara untuk bisa tiba di tujuan. Kesempatan ini dilakukan usai hujan deras mengguyur Kampung Antal.

Secara geografis, Kampung Antal sangat dekat dengan Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Sedangkan Kampung Tias lebih dekat dengan Kota Tanjung Selor. Kedua kampung ini sama-sama basis warga kaum nelayan.

Selama menempuh perjalanan yang terlihat hanyalah pemandangan hutan-hutan bakau, dari kejauhan layaknya pulau-pulau kecil. Perahu melaju cepat, hembusan angin terasa kencang. Cuacanya mendung, agak remang-remang, tapi tak jadi kendala bagi motoris perahu, masih maju lancar. 

Rumah-rumah di pinggiran muara Kampung Tias Desa Tanjung Buka Kecamatan Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara pada Kamis 22 Oktober 2015 siang. (photo by budi susilo)

Bagi saya, singgah di Kampung Tias pada 22 Oktober 2015, berarti untuk yang kedua kalinya. Saat pertama kalinya, ikut rombongan kunjungan kerja Bupati Bulungan yang meresmikan listrik tenaga disel di Tias.

Rumah penduduk Kampung Tias Desa Tanjung Buka Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara

Dan pada kesempatan yang kedua, ikut menumpang rombongan gabungan patroli pantai oleh Kesbangpol Bulungan, Polres Bulungan, Kodim Tanjung Selor, dan Angkatan Laut Tanjung Selor.

Kami menempuh perjalanan dari Antal ke Tias tidak sampai dua jam. Kami tiba di lokasi Tias pada pukul 13.12 Wita, singgah di rumah seorang warga yang dianggap sebagai tokoh masyarakat, yakni Rusman, 60 tahun, yang sudah 40 tahun tinggal di Kampung Tias dan memiliki cucu 15 orang. ( )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN