EARTH HOUR TANJUNG SELOR

Lampu Padam 
Pengunjung Wifi Corner Bingung

Sejumlah orang pengunjung Wifi Corner Telkom Tanjung Selor bingung saat pukul 20.30 Wita, seluruh lampu perusahaan plat merah ini sengaja dimatikan, pada Sabtu 19 Maret 2016.

SATU di antaranya Irul, warga Sengkawit Tanjung Selor, merasa heran ketika sedang menikmati jaringan internet berbayar tiba-tiba lampu dimatikan. “Aliran listrik tidak padam. Kenapa lampunya dimatikan. Apa ada konsleting listrik,” ungkapnya.

Sejurus kemudian, Riko petugas telkom menjelaskan, alasan memadamkan lampu karena Telkom Tanjung Selor sedang mengikuti program earth hour atau jam bumi yang merupakan bukti dukungan gerakan kelestarian bumi.

“Dapat instruksi dari pusat dan dari kantor Tarakan, kantor yang disini (Tanjung Selor) harus ikut memadamkan listrik. Kami lakukan ini secara serempak, program nasional, seluruh kantor ikut memadamkan lampu,” ujarnya.

Pengamatan Tribunkaltim, kegiatan Earth Hour di Telkom Tanjung Selor tersebut berlangsung sekitar pukul 20.30 Wita hingga pukul 21.34 Wita. Bangunan disebelahnya, seperti Balai Diklat dan Samsat Tanjung Selor tidak memadamkan lampu.

Pengunjung Telkom Tanjung Selor merasakan susana gelap gulita karena sedang dilakukan Earth Hour, memadamkan lampu selama satu jam penuh, pada Sabtu 19 Maret 2016 malam. (Tribunkaltim)

Meski lampu-lampu di Telkom Tanjung Selor dipadamkan, aliran listrik tetap tersambung. Para penikmat jaringan internet di lokasi ini masih bisa tetap menikmati kegiatan daring.

Jauh-jauh hari, event Earth Hour sebenarnya sudah populer, setiap setahun sekali dilangsungkan. Acara simbolik ini dilakukan tiap hari sabtu pada akhir bulan maret.

Sasarannya adalah pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam penuh dengan harapan masyarakat bisa sadar akan kondisi bumi yang kini mendapat ancaman perubahan iklim yang ekstrim.[1] ( )



[1] Koran Tribunkaltim, “Lampu Padam Pengunjung Wifi Corner Bingung,” terbit pada Minggu 20 Maret 2016 di halaman 2 rubrik TribunKaltara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN