PDAM BULUNGAN KALIMANTAN UTARA

Habis Padam Listrik Terbitlah Internet Sekarat

Persoalan ketersediaan infrastruktur tenaga listrik dan jaringan internet menghambat pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bulungan.

Usai dihantam pemadaman listrik selama seharian beberapa hari lalu, kini perusahaan air plat merah ini terkendala putusnya saluran internet. Akibat ini, menghambat kerja PDAM.

“Kantor tutup sementara. Internetnya lagi putus. Yang mau bayar air belum bisa,” ungkap Azis, petugas keamanan kepada pelanggan yang datang ke kantor PDAM di Jalan Rambutan, Kamis 10 Maret 2016.

Eka, seorang ibu rumah tangga merasa kecewa terkait dengan layanan PDAM yang tidak berjalan baik. Apalagi, dirinya sudah memiliki uang untuk melunasi tunggakan air PDAM yang sudah dua bulan belum bayar.

“Kalau rusak-rusak internet saya harus bolak-balik ke PDAM. Mau saya datang langsung bisa bayar. Saya tidak bisa apa-apa, terima saja, kalau memang kondisinya lagi rusak,” katanya.

Sementara waktu, pelayanan pembayaran PDAM ditutup karena jaringan internet sedang terputus akibat rusaknya kabel optik di kilometer 30, pada Kamis 10 Maret 2016. (Photo by budi susilo)

Serupa, Ryan, seorang aktivis Komite Nasional Pemuda Indonesia wilayah Bulungan mengatakan, saat mau membayar tepat waktu pelayanan tidak buka.Sebagai pelanggan Ryan merasa kecewa. Sebaiknya, PDAM bisa bersikap bijak.

“Telat bayar karena internet rusak, pelanggan dikenakan denda. Harus diberi dispensasi. Jangan dikenakan denda,” tegas mahasiswa Universitas Kaltara ini.

Menanggapi hal itu, Wahyudiono, Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Personalia PDAM Bulungan mengatakan, rusaknya jaringan internet sering dialami PDAM. Namun rusaknya tidak sampai berhari-hari, paling hanya beberapa jam saja.

“Internet putusnya sejak pagi. Tetapi mau jelang sore bisa kembali normal,” ujarnya yang mengandalkan pembayaran PDAM memakai sistem daring. Interet rusak bukan PDAM yang tangani.

“Kami bergantung pada telkom, bagaimana cara mengatasinya. Kami tidak kenakan denda buat pelanggan yang telat bayar gara-gara layanan kami terhambat jaringan internet,” ujarnya.

Sehari sebelumnya, PDAM juga mengalami krisis listrik. Pihak Perusahaan Listrik Negara Tanjung Selor sedang melakukan pemadaman listrik, aikbatnya, PDAM tidak mampu melakukan distribusi air ke para pelanggan.

“Kami sudah meminta agar listrik harus bisa terjaga supaya tidak ada gangguan. Kami juga memohon maaf kepada seluruh pelanggan bila selama ini masih ada kekurangan pelayanan,” kata Diono.

Terpisah, Majidi, Koordinator Teknisi Operasional Telkom Tanjung Selor menuturkan, jaringan internet sedang mengalami gangguan akibat adanya penggarapan proyek pelebaran jalan yang ada di Kilometer 30 arah Kabupaten Berau.

“Kabel optik terkena kerukan mobil alat berat. Kabelnya terputus. Tim teknisi sudah kami turunkan. Kami lakukan normalisasi . Kemungkinan tidak sampai berhari-hari bisa kembali dipakai lagi,” ungkap pria berambut lurus ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN