WISATA KULINER SELIMAU PARK

Ikannya Dipancing Lalu Dimasak


Mengisi waktu liburan akhir pekan, paling asyik itu menikmati wisata kuliner bersama keluarga, atau dengan orang-orang tercinta Anda. Nah, untuk Anda yang sekarang sedang berada di Tanjung Selor, Provinsi Kalimantan Utara, cobalah sempatkan diri mengunjungi restoran Selimau Park.

Di tempat ini, tersedia sajian kuliner seafood, sekaligus bisa sambil menikmati alam indah wahana wisata keluarga. Kehadiran restoran Selimau Park yang ada di Kelurahan Tanjung Selor Timur ini, untuk melepas dahaga akan hiburan yang menyenangkan.    

Konsep kuliner di restoran Selimau Park adalah perdesaan. Setiap pengunjung yang ingin memesan makanan ikan, bisa terlebih dahulu memancing di sebuah empang. Ikan didapat, langsung bisa dimasak.

Tidak hanya itu, tempat makannya saja bergaya tradisional, tersedia saung-saung yang sangat berdekatan dengan kolam-kolam ikan. Menyantap makan sambil menikmati kolam air dan pemandangan alam yang dirancang serupa nunasa perdesaan. 

Selimau Park Jongfajar Kelana

Kesan ini semakin menambah kebahagiaan, mendapat nuansa yang berbeda, serasa berada di kampung halaman. Pada bagian lobby restoran, juga disediakan alat musik organ tunggal, bagi yang hobi menyanyi, bisa menyalurkannya, berkaroke sepuasnya.

Menurut Pemilik Selimau Park, Kheruddin Arief Hidayat, tempat wisata ini hadir untuk pertama kalinya di Tanjung Selor. Sekarang ini sedang dalam tahap proses pengembangan, belum ada perluasan.

“Harap maklum, sekarang belum tampil sempurna. Masih ada proses pembangunan disana-sini. Akan tetapi untuk restorannya sudah bisa nyaman untuk ditempati,” ujarnya kepada Tribunkaltim Sabtu 9 Januari 2016 siang.
 
Dia berharap, bagi masyarakat setempat dan sedang bersinggah di Tanjung Selor tidak perlu lagi kebingungan mencari tempat wisata keluarga di ibukota provinsi Kaltara.  

Selama ini, orang bingung bila mencari tempat wisata di Tanjung Selor. Bila ingin berwisata mesti pergi terlebih dahulu ke Kota Tarakan atau ke Berau Kalimantan Timur. 

“Waktu liburan panjang tahun baru, sudah banyak yang datang kesini. Sudah banyak yang tahu tempat ini. Kami mencatat sudah  ada hampir ratusan orang,” ujarnya. 

Disediakan Wahana Permainan
Selain itu, restoran, lokasi ini juga menyediakan arena permainan bagi anak-anak serta sepeda air berbentuk angsa. Pemaianan ini sangat cocok bagi anda sekeluarga, orang tua dan anak-anak. Bermain sambil berolah-raga karena permainan ini membutuhkan energi gerak, mengayuh.

Buat yang sedang ingin mandi berenang, karena kepanasan dalam perjalanan, Selimau Park menyediakannya. Namun untuk tahap awal ini, kolam renang yang tersedia baru khusus untuk anak-anak. Bagi orang dewasa belum tersedia.

Kata Arief, Selimau Park dalam perencanaan ke depan, akan dibangun Waterboom, sebuah arena permainan air untuk anak-anak, juga bisa bagi kalangan dewasa. Lokasi Waterboom terdekat hanya baru ada di Berau.

Selimau Park Jongfajar

Jadi nanti warga yang ada di Tanjung Selor tidak perlu lagi ke Berau, datang saja ke Selimau Park. Selain dekat jaraknya, juga dianggap ekonomis. “Ke Selimau Park dekat, dari pusat perkotaan paling cepat bisa ditempung sekitar 15 menit saja,” katanya.    

Pada bagian sisi ujung restoran terdapat kebun binatang mini, yang menampilkan beberapa hewan unggas, burung hantu, kasuari, monyet, hingga patung-patung buaya, macan, dan kerbau serta nikmati juga lintasan jembatan gantung untuk memicu adrenalin anda.

Kebun binatang mini ini alamnya masih rindang, asri menyejukkan. Cocok untuk tempat bersantai menikmati kesegaran alam. Sambil berphoto dengan binatang-binatang lucu seperti burung hantu, kelinci, dan monyet. 

Menu Ikan Bakar Campur Kangkung
Makanan yang tersaji dalam restoran Selimau Park, yakni makanan ikan. Seperti halnya Ikan Putih, Ikan Mujair, atau juga Ikan Mas. Andalan masakannya bisa digoreng, dibakar dilumuri sambal cabe merah, atau dibuat kuah asam. Tergantung selera pemesan.

Saat ditemui, Suparto, sang koki restoran Selimau Park mengatakan, pilihan ikan-ikan yang tersedia adalah ikan segar, sebab diambil langsung dari kolam pancing. Harga yang ditawarkan pun sesuai dengan apa yang diperoleh. 

“Hitungan harga porsi makan ikannya dari berat ikannya. Bisa hitungan satu kilogram atau sampai juga tiga kilogram. Tergantung yang memesan,” ujar pria kelahiran Surabaya 14 Juni 2016 ini.


Sebagai menu pelengkap, ikannya akan ditambah lauk-pauk seperti mie goreng Selimau. Rasa kecap dan bumbunya meresap di mie. Bagi siapa saja yang mencicipi bakal ketagihan akan memakannya. 

“Mie kami tambah udang kecil, irisan bakso dan daun bawang. Kami ada bumbu spesialnya. Aroma mie bakal sedap, berselara untuk memakannya,” ungkap Suparto, yang sudah bekerja di bidang ini selama 20 tahun lebih. 

Selain mie goreng juga disediakan sayur kangkung, yang akan menambah kenikmatan santapan ikannya. Bila makan ikan dicampur sayur kangkung, lidah akan merasakan kenikmantan ganda, selera makan semakin segar, lahap. “Sayung kangkungnya kami oseng-oseng,” tutur Suparto.[1] ( )
 
HARGA KULINER IKAN SELIMAU
Ikan putih seberat 3 Kg Rp 300 ribu
Sepiring Mie Goreng  Rp 15 ribu
Sepiring Kangkung Rp 15 ribu
Semangkuk Nasi Rp 5 ribu


[1] Koran Tribunkaltim, “Menikmati Wisata Kuliner di Selimau Park Kalimantan Utara: Ikan Mancing Sendiri Langsung Dimasak,” terbit pada Minggu 20 Maret 2016 di halaman 12 rubrik Life Style Wisata Kuliner.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CANDI GARUDA YOGYAKARTA

PRASASTI KALASAN YOGYAKARTA

PONDOK PESANTREN MARDHATILLAH BALIKPAPAN